PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH
Abstract
Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match efektif dalam peningkatan prestasi belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas XI-PMS SMK Negeri 1 Lamongan tahun 2016/2017 ditinjau dari tingkat : ketuntasan belajar siswa, tingkat aktivitas guru, tingkat aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap inovasi pembelajaran .Setelah dilakukan analisa data penelitian terjadi peningkatan terhadap prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 =72 % dan siklus 2 = 86 %, hasil pengamatan aktivitas guru siklus 1 = 84,8 dan siklus 2= 87,5 hasil pengamatan aktivitas siswa siklus 1 = 77,8 dan siklus 2= 84 ,dan respon siswa terhadap inovasi pembelajaran juga meningkat siklus 1 = 81 % ( 29 siswa menyatakan menerima ) dan siklus 2 =90 % (32 siswa menyatakan menerima).Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan terhadap tes hasil kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match efektif dalam peningkatan prestasi belajar menulis teks eksplanasi.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.