UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV semester II tahun ajaran 2017/2018 SD Negeri Sidorejo II Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan dalam membandingkan pecahan melalui pembelajaran kooperatif berbantuan benda-benda konkret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, plelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo II Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I nilai rata-rata mencapai 70 dan siklus II mencapai 79,17. Sedangkan untuk ketuntasan belajar juga meningkat dari 66,7% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.