UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK JIGSAW
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penerapan tehnik Jigsaw dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar bahasa Inggris di kelas VII SMP Muhammadiyah 27 Paciran tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 27 Paciran tahun pelajaran 20201/2022. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Data aktifitas siswa melalui pengamatan, Data nilai siswa, dan Data angket yang merupakan tanggapan siswa. Data penelitian menunjukkan bahwa dengan tehnik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.