PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KEMENARIKAN PROSES BELAJAR TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 KARANGBINANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar teks negosiasi dengan menggunakan aplikasi Edmodo dan pengaruh penggunaan aplikasi Edmodo terhadap kemenarikan proses belajar teks negosiasi. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan model Posttest-only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun yang berjumlah 250 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data untuk uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Hasil observasi guru pada kelas kontrol (X IPA 3) sebesar 84%, sedangkanĀ pada kelas eksperimen (X IPA 4) sebesar 95%. Hasil observasi siswa pada kelas kontrol sebesar 10% dengan kriteria baik, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 66,7% denganĀ kriteria baik. Hasil penghitungan statistik melalui uji beda Indepedent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05. Sementara, nilai thitung sebesar 6,652 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,048. Pengambilan keputusan dari hasil tersebut adalah hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data melalui penghitungan statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Edmodo terhadap kemenarikan proses belajar teks negosiasi pada siswa kelas X IPA SMAN 1 Karangbinangun tepatnya sesudah diberi perlakuan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.