KONSEP PENATAAN JALAN LINGKUNGAN DESA SEBAGAI TEMPAT BERMAIN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PERSEPSI ORANG TUA

  • Mimin Aminah Yusuf Unisda Lamongan
Keywords: Jalan Lingkungan Desa, Tempat Bermain Anak, Persepsi Orang Tua, Anak Usia Dini

Abstract

Aktivitas bermain pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dan krusial dalam tumbuh kembang anak sehingga harus difasilitasi dengan baik. Pada permukiman di Indonesia, jumlah taman bermain anak dinilai kurang sehingga banyak anak memanfaatkan jalan sebagai tempat bermainnya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan konsep penataan jalan lingkungan desa untuk tempat bermain anak usia dini dengan pendekatan persepsi orang tua. Metode yang digunakan adalah studi kasus dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi untuk data kondisi eksisting, serta indepth interview untuk data persepsi orang tua. Kemudian hasil analisa dari kondisi eksisting jalan serta persepsi orang tua akan dielaborasikan dengan literatur untuk merumuskan konsep penataan jalan. Dari hasil observasi didapatkan bahwa jalan lingkungan digunakan anak usia dini untuk bermain baik main peran, sensorimotor maupun konstruktif. Adapun persepsi orang tua terhadap jalan lingkungan sebagai tempat bermain anak adalah kurang aman, kurang nyaman dan kurang fasilitas. Dari hasil analisa tersebut, konsep penataan jalan lingkungan yang direkomendasikan diantaranya adalah membuat elemen pembatas kecepatan, menggunakan drainase tertutup, pandangan tidak terhalang, tanaman tidak berduri, tempat duduk untuk orang tua, terdapat beberapa area ternaung, dan adanya fasilitas permainan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moulay and N. Ujang. (2016). Legibility of neighborhood parks and its impact on social interaction in a planned residential area. Archnet-IJAR, vol. 10, no. 1, 184– 194, doi: 10.26687/archnet-ijar.v10i1.686.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini. Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan IslamVolume 5, Nomor 2. 106-117
https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395/311
Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Tarbawi jurnal pendidikan islam. 27-35. Vol 13, No 2. Doi: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Bani. (2023). Bagian-bagian Jalan dan Pemanfaatannya. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Indonesia. (Available at: https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/57/bagian-bagian-jalan-dan-pemanfaatannya#)

Agustina, N. (2022). Manfaat Bermain yang Perlu Kita Ketahui. Kementrian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Indonesia. (Available at https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/25/manfaat-bermain-yang-perlu-kita-ketahui#:~:text=Bermain%20bagi%20anak%20usia%20dini,sama%2C%20dan%20menjunjung%20tinggi%20sportivitas)
Yd. (2021). Dampak Buruk Gadget Terhadap Aspek Fisik-Motorik Anak Usia Dini. Universitas Negeri Malang. Indonesia. (available at: http://yd.blog.um.ac.id/dampak-buruk-gadget-terhadap-aspek-fisik-motorik-anak-usia-dini/)
KLA. (2017) Kondisi Lingkungan Bermain Anak. Kabupaten/Kota Layak Anak. Indonesia. (Available at: https://www.kla.id/kondisi-lingkungan-bermain-anak/)
Published
2023-05-31
How to Cite
Yusuf, M. (2023). KONSEP PENATAAN JALAN LINGKUNGAN DESA SEBAGAI TEMPAT BERMAIN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PERSEPSI ORANG TUA. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 3(01), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v3i01.4274
Section
Articles