REDESAIN PASAR TRADISIONAL KEPOHBARU BOJONEGORO MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN

  • Didik Ari Teknik unisda lamongan
  • Mukhdif Al-Afghoni Teknik Unisda Lamongan
Keywords: Pasar Tradisional, Arsitektur, Modern

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pasar tradisional. Melekatnya stigma buruk pada pasar tradisional.,seringkali mengakibatkan sebagian dari para pengunjung mencari alternatif tempat belanja lain, diantaranya mengalihkan tempat berbelanja ke pedagang kaki lima dan pedagang keliling yang relatif lebih mudah dijangkau (tidakperlu masuk pasar). Bahkan kebanyakan para pengunjung yang tergolong disegmen berpendapatan menengah bawah ke atas cenderung beralih ke pasar modern, seperti pasar swalayan (supermarket dan minimarket). Dari sinilah peneliti tertarik meneliti mengenai redesain pasar tradisional kepohbaru bojonegoro menggunakan pendekatan arsitektur modern dengan tujuan mengubah stigma pada masyarakat.

Metode yang digunakan dalam perancangan Pasar Tradisional adalah dengan menjelaskan secara deskriptif mengenai obyek rancangan dan juga permasalahan yang menjadi latar belakang perancangan. Pengumpulan data melalui sumber primer dan sekunder. Metode yang dipakai diantaranya: Survei Lapangan, Studi Literatur dan Dokumentasi. Serta teknik analisis yang digunakan ada beberapa tahap yaitu; tahap mendesain, analisis terbagi menjadi analisis kawasan dan tapak, analisis keIslaman, analisis objek.

HasilĀ  dari penelitian dengan Pendekatan tema pada perancangan Pasar Tradisional ini sangat diperlukan sebagai tolak ukur untuk menemukan arah kecenderungan dari paradigma (dasar ide pemikiran) yang mengarah pada suatu acuan untuk menghasilkan produk yang edukatif dengan mempertimbangkan kesesuaian antara tema rancangan dengan objek. tentang tema yang di pakai adalah Arsitektur Modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianty, N. (2013). Analisis Perbedaan Pasar Modern dan Pasar Tradisional Diinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol.13 No. 01 April 2013 ISSN 1693-7619 .

Ayu, m. (2013, 12 12). budget da kepuasan maksimal. Retrieved from budgetdankepuasanmaksimal:https://megaayuu.wordpress.com/201
3/12/12/budget-dan-kepuasan-maksimal/

Bilas, r. A. (1992). Teori mikroekonomi Edisi 2. Erlangga.

Bismala, L. (2012). Manajemen produksi Operasi. medan: Perdana
Publishing.

Ciptono, S. M. (2000). laporan akhir pengukuran efisiesi relatif pelayanan kantor cabang pegadaian. Yogyakarta: penelitian dan pengembangan manajemen (PPM), Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Coelli T., P. R. (2005). An Introdction to Efficiency and Productivity
Analysis. Massachusetts, USA: Kluwer Academic Publisher.

Debreu, G. (1951). "The coefficient of resource utilization". Enonometrica,
19 (3) , 273-292.

Dr. Drs. Nur Feriyanto, M. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam
Perspektif Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Endri, Z. A. (2009). Kinerja Efisiensi Teknis Bank Pembangunan Daerah .
Jurnal Akuntansi dan Keuangan , 21-29.

Euromonitor. (2004). Euromonitor Internasional. Retrieved from Making senseofglobalmarkets:googleweblight.com/i?u=http://www.euromo nitor.com/&hl=id-ID&geid=1026

Farrell, M. (1957). "The Measurement of Productive Efficiency". Journal of
The Royal Statistical Society, 120 , 253-281.

Fitri, N. A. (1999). Analisis sikap konsumen terhadap Atribut-Atribut Pasar Swalayan dan Pasar Tradisional. Jurnal Bisnis dan Akuntansi , Vol I, no 3 (Desember), hal 237-25
Iis Nurlaela, D. H. (2015). Analisis Efektivitas Program Revitalisasi Pasar
Tradisional di Pasar Bulu Kota Semarang.

Komaryatin, N. (2006). Analisis Efisiensi Teknis Industri BPR di Eks.
Karisidenan Pati. Tesis S2 Pascasarjana Universitas Diponegooro.

Mangkoesoebroto. (1993). Ekonomi Publik (edisi 3). Yogyakarta: BPFE UGM.

Martadiputra, B. A. (2009). populasi dan sampel.

Miller, A. J. (1996). Recent advances in California Current modelling:
decadal and intermannual thermocline variations.

Nurhayati, S. F. (2014). Pengelolaan Pasar Tradisional berbasis
Musyawarah untuk Mufakat. jurnal manajemen dan bisnis .

Nurlaila. (2014). Pengaruh efektifitas penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. makasar: Universitas Hasanudin.

Purnamasari. (2013). analisis kinerja operasional pasar tradisional kota bekasi. bekasi.
Published
2023-05-31
How to Cite
Ari, D., & Al-Afghoni, M. (2023). REDESAIN PASAR TRADISIONAL KEPOHBARU BOJONEGORO MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 3(01), 13-18. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v3i01.4182
Section
Articles