PERANCANGAN SHOPPING MALL BOJONEGORO TEMA ARSITEKTUR METAFORA KOMBINASI (COMBINED METHAPHORS)

  • Moch. Miftachuddin Teknik Unisda Lamongan
  • Muhammad Koderi Teknik Unisda Lamongan
Keywords: perancangan, shopping mall, , metafora kombinasi.

Abstract

Perancangan shopping mall di Bojonegoro bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembangnunan shopping mall di Bojonegoro menggunakan tema Metafora Kombinasi yaitu mengkombinasikan bentuk alat musik harmonika dengan karakteristiknya sehingga didapatkan bentuk bangunan yang unik dan ramah lingkungan.

Lokasi perancangan shopping mall Bojonegoro berada di Jl.Lisman, Ds. Campurrejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Memiliki luas wilayah ± 10.800 M2. Alasan didirikannya shopping mall Bojonergoro ini adalah belum adanya pusat perbelanjaan yang memiliki fasilitas yang lengkap serta memenuhi kebutuhan belanja masyarakat.

Metode perancangan meliputi 1) Ide perancangan, yaitu mencari sebuah ide atau gagasan yang kaitannya dengan pusat perbelanjaan yang berkembang di kota Bojonegoro dan sekitarnya, dan mencari tahu bagaimana minat masyarakat Bojonegoro. Kemudian pengembangan ide tersebut di dokumentasikan dan ditulis sebagai karya ilmiah. 2) Identifikasi masalah. 3) Pengumpulan data. 3) Analisa. 4) Sintesa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Neufert, Ernest . 2002 . Data arsitek Jilid 1 (Dr. Ing Sunarto Tjahjadi, Trans ) . Jakarta : Airlangga
Pemkab Bojonegoro. 2020. Sejarah Kabupaten Bojonegoro, http://bojonegorokab.go.id/profile/sejarah-1 , di akses pada 15 Juni 2021.
Pemkab Bojonegoro. 2020. Geografi Kabupaten Bojonegoro, http://bojonegorokab.go.id/profile/geografi-2 , di akses pada 15 Juni 2021.
Museum Sonobudoyo Yogyakarta. 2001 . Profil Museum Sonobudoyo. http://www.sonobudoyo.com/id/ . di akses pada 18 Juni 2021.
Arsana, Tuba. 2016. Perancangan Museum Budaya Wali Songo di Kabupaten
Gresik (Tema : Extending Tradition ). Skirpsi Sarjana (Tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Wilantaka, Yuangga Kinanta Agung. 2020. Perancangan Museum Di Kabupaten Bojonegoro Dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik. Skirpsi Sarjana (Tidak diterbitkan). Surabaya: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Imtihany, Nailul. 2020. Keris Ki Jangkung Blong Pok Gonjo, Pusaka Khas Bojonegoro, http://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2020/11/28/227304/keris-ki-jangkung-blong-pok-gonjo-pusaka-khas-bojonegoro, di akses pada 5 September 2021.
Published
2022-05-30
How to Cite
Miftachuddin, M., & Koderi, M. (2022). PERANCANGAN SHOPPING MALL BOJONEGORO TEMA ARSITEKTUR METAFORA KOMBINASI (COMBINED METHAPHORS). DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 2(1), 27-38. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v2i1.3354
Section
Articles