Arahan Penataan Kampung Tradisional Wisata Batik Sendang Duwur Lamongan

  • Yayuk Sri Rahayu Fakultas Teknik Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Kampung Wisata, Budaya dan Religi, Visitable

Abstract

Kampung Wisata Sendang Duwur Batik adalah kota yang tumbuh di antara desa-desa desa di Jawa. Pariwisata Batik Sendang Duwur adalah kota tradisional yang menyimpan warisan budaya fisik dan non-fisik. Potensi budaya dan kearifan lokal untuk bidang pariwisata budaya masih tinggi, bahkan dapat menjadi kecenderungan pariwisata di masa depan dan budaya belum dikelola dan dikelola secara optimal. Ini dapat dilihat di desa-desa wisata yang hampir kehilangan karakter asli mereka. Oleh karena itu, perlu untuk memulai pola pengembangan wisata yang membuat budaya objek wisata di Kampung Batik Sendang Duwur. Pengembangan kota wisata ini sejalan dengan misi kota Lamongan sebagai kota budaya dan wisata yang ditandai dengan aksentuatasi Jawa dan melestarikan aset budaya, baik yang berwujud dan tidak berwujud. Konsep pengorganisasian daerah Kauman Batik Wisata Kampung untuk mengkonversi daerah tersebut (terlihat) dan harus dapat melayani pengguna dan, dengan nyaman, untuk mengunjungi (layak huni dan berjalan). Alamat pembuangan Desa Wisata Sendang Duwur Batik dilakukan melalui penguatan tempat-tempat wisata dan pengaturan tempat wisata. Alamat konfigurasi ini harus dapat memanfaatkan warisan budaya sebagai objek wisata sambil melakukan perlindungan terhadap warisan budaya. Perencanaan area yang tepat akan menjadi objek wisata dan akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal dan kualitas budaya di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carmona (2003), Public Space Urban Space: The Dimension of Urban Design, Architectural Press, London.
Inskeep, Edward. 1993. Tourism Planning: An Integrated and sustainable Approach. Van Nostrand Reinhold. New York, Inc
McKercher, Bob and Hilary du Cros. 2002. Cultural Tourism: The Partnership Between Tourism and Cultural Heritage Management. New York: The Haworth Hospitality Press.
Pitana, I Gde., dan I Ketut Surya Diarta. 2009.Pengantar Ilmu Pariwisata.Yogyakarta: Penerbit C.V ANDI OFFSET.
Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Lamongan 2011-2031
Setyaningsih, Wiwik “Tipologi Kampung Wisata dengan Konsep Community - based Tourism (CBT)” 2010
Yoeti, Oka , 1983.Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
The Burra Charter for Conservation of Place of Cultural Significance, (1999), ICOMOS NEWS, Australia.
Published
2021-05-31
How to Cite
Rahayu, Y. (2021). Arahan Penataan Kampung Tradisional Wisata Batik Sendang Duwur Lamongan. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 1(1), 17-27. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v1i1.2524
Section
Articles