PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH PADA TEMA CITA-CITAKU

  • Lindra Nur Khanifah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design.. Hasil pengujian hipotesis menjelaskan nilai f hitung yang didapat yaitu sebesar 7.259 dan nilai signifikansi sebesar 0,002, hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa nilai f hitung yang didapat lebih besar dari nilai t dalam tabel (7.259 > 2.920) sedangkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,002 < 0,05).  Berdasar hasil tersebut, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model project based learning dan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tuban.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-20
How to Cite
Khanifah, L. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH PADA TEMA CITA-CITAKU. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(2), 138-155. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v4i2.657
Section
Articles