POLA TREN HIJAB GENERASI Z STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUMATERA UTARA

  • Dewi Ayundasari UIN Sumatera Utara
  • Yusra Dewi Siregar UIN Sumatera Utara
  • Nabila Yasmin UIN Sumatera Utara
Keywords: Hijab Tren, Gen Z, Mahasiswi UIN Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan tren hijab di kalangan mahasiswi berbagai fakultas di UIN Sumatera Utara, dan untuk mengetahui faktor-faktor perubahan mahasiswi dalam style hijabnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) selama dua minggu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswi berbagai fakultas di UIN Sumatera Utara menggunakan hijabnya mengikuti tren hijab yang sedang berkembang di era saat ini namun tetap paham akan kewajibannya sebagai seorang muslimah dalam menutup auratnya. Banyak tren hijab yang digunakan oleh mahasiswi UIN Sumatera Utara seperti tren hijab pashmina, tren hijab segiempat syar’i/jumbo, tren hijab segiempat lilit dileher, tren hijab malay/bawal, tren hijab segiempat bella square, tren hijab segiempat motif dan tren hijab instan bergo. Adapun faktor yang melatar belakangi mahasiswi melakukan perubahan dalam style hijabnya karena adanya faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi: Keluarga, lingkungan dan teman terdekat, serta media sosial, sedangkan faktor internal karena adanya pemahaman dan rasa ingin tahu yang tinggi dari dalam hati seseorang akan ajaran agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Bintang Sempurna. “Kerudung Pashmina : Fungsi, Ukuran, Bahan Dan Tips Pemakaian.” Marketing Bintang Sempurna, 2024. https://www.bintangsempurna.co.id/blog/post/kerudung-pashmina-fungsi-ukuran-bahan-dan-tips-pemakaian#:~:text=Kerudung pashmina adalah kain persegi,bahkan menjadi turban yang trendi.
Nida Salma. “Perbedaan Hijab Instan Jenins Bergo Dan Khimar Yang Wajib Diketahui Hijabers.” Sukabumi Update, 2022. https://www.sukabumiupdate.com/fashion/106800/perbedaan-hijab-instan-jenis-bergo-dan-khimar-yang-wajib-diketahui-hijabers.
Quraish Shihab M. Jilbab : Pakaian Wanita Muslimah. Tangerang: Lentera Hati, 2004.
Siauw, Felix Y. Yuk Hijab. Bandung: Mizan, 2013.
Sojali, Rudi. “PENGARUH TREND HIJAB TERHADAP MINAT BELI KAUM WANITA MUSLIMAH.” Media Mahardhika 19, no. 3 (2021). https://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/285.
Umar Husen. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Published
2024-05-06
How to Cite
Ayundasari, D., Siregar, Y., & Yasmin, N. (2024). POLA TREN HIJAB GENERASI Z STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUMATERA UTARA. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 11(1), 91-103. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v11i1.6433
Section
Articles