IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 2 SUKODADI
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran yang monoton menjadikan peserta didik cepat bosan saat pembelajaran berlangsung. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. . Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data aktivitas guru, peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan strategi problem based learning pada pembelajaran IPA kemampuan berfikir peserta didik mengalami peningkatan sebesar 75% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran sangat mendukung keatifan peserta didik di kelas.
Downloads
References
Asih Widi Wisudawati, Eka Sulistyowati, Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
Amos Neolaka, Grace Amialia, Landasan Pendidikan, Depok: Kencana, 2017. Bahtiar, Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA), Mataram: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, 2015.
Benedikta Meryana, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar, (Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyajarta, 2017.
Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: CV Alfabeta, 2018.
Garinda Sukma, Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA, Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya 2018.
Jumanta Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011.
Lili Kasmini, Penerapan Metode Terbimbing Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA, Banda Aceh 2016.
Lusendico Saragih, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Konvensional, Medan, 2017.
Lukman Hakim, Implmentasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Madrasah, 2015.
Nur Fitri Amalia, Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model PBL, Semarang 2016.
Rahajeng Normadhita, Skripsi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar siswa Kelas IV Pembelajaran IPA, Yogyakarta, 2018. Hlm 8.
Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan, Jakarta:PT Grafindo Persada, 2012. Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum
2013, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2016. Suharsimi, Arikunto, Suhardjo, Supardi, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta:PT Bumi Aksara, 2017
Sobry Sutikno, Manajemen Pendidikan, Lombok: Holistica Lombok, 2012.
Soleh Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Sukron, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Skripsi, PGMI UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta 2014.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, Nyata, Penelitian Tindakan Kelas,Bandung:CV Alfabeta, 2013.
Wahab Jufri, Belajar dan Pembelajaran Sain, Bandung:Pustaka Reka Cipta, 2017.
Yulas Feriati, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA melalui Pempelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri Karangtalun 1 Tanon Sragen”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012/2013.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.