IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAB PEGON DI MI MIFTAHUL ULUM KARANGPILANG SURABAYA

  • M Masrur Huda Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Khusnul Fatichin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Choirul Anam Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Kitab Kuning, Arab Pegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pegon di MI Miftahul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan, pertama pelaksanaan pembelajaran buku kuning untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pegon di MI Miftahul Ulum Karangpilang Surabaya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu persiapan atau pengenalan, pelaksanaan dan penyelesaian atau penutupan. Kedua, dampak dari pelaksanaan pembelajaran buku kuning untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pegon di MI Miftahul Ulum Karangpilang Surabaya yaitu siswa semakin meningkat kemampuannya dalam membaca pegon bahasa Arab, dengan adanya kajian buku kuning dalam pelaksanaan pembelajaran dimana guru menekankan siswa untuk dapat membaca dengan lancar makna pegon bahasa Arab. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran buku kuning untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pegon di MI Miftahul Ulum Karangpilang Surabaya, peneliti menemukan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung, yaitu adanya guru yang memiliki kemampuan membaca buku kuning, sarana dan prasarana yang memadai serta adanya program buku kuning dalam kurikulum berbasis pesantren di madrasah. Kemudian untuk hal-hal yang menjadi kendala yaitu kurangnya waktu dan pertemuan, ada siswa yang tidak lancar membaca bahasa Arab pegon karena tidak lancar membaca Alquran atau membaca tulisan Arab dan ada dua siswa pindahan yang baru masuk yang belum terbiasa dengan tulisan pegon Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Izatul. Didin Sirojudin. “Efektivitas Arab Pegon Dalam Pemahaman Kitab Kuning Di Pesantren Darun Najah Malang”. Journal of Education and Management Studies. Volume 5. Nomor 6. Desember. 2022.
B. Miles, Matius. A. Michael Huberman. dan Johny Saldana. Qualitative Data Analysisi A Methods Sourcebook. Amerika Serikat: SAGE Publication Inc. 2014.
Dahlan, Zaini. “Khazanah Kitab Kuning : Membangun Sebuah Apresiasi Kritis”. Jurnal ANSIRU PAI. Volume 3. Nomor 1. Januari. 2018.

Djunaidi Ghony, M. & Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Arruzz Media. 2016.
Eka Putri, Rosma. “Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo”. Jurnal el-Hekam. Volume 5. Nomor 2. Juli, 2020.
Haningsih, Sri. “Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 1. Nomor 1. Desember. 2008.
Helwani Syafi’i, Ahmad. “Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela”. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, Volume 5, Nomor 2. Oktober. 2020.
Raharjo, Turnomo. Menghargai Perbedaan Kultur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005.
Rasikh, Ar. “Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Timur”. Jurnal Penelitian Keislaman, Volume 14. Nomor 1. Desember. 2018.
Safaruddin. “Teori Belajar Behavioristik”. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. Volume 14. Nomor 2. Desember. 2022.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.
Surya Anggraini, Fina. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Multikultural”. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 4. Nomor 2. Desember. 2019.
Zaini, Rifnon. “Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 1. Nomor 1. Juni, 2014.
Zulfahmi. “Efektifitas Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an”. Genderang Asa: Journal Of Primary Education. Volume 3. Nomor 1. Juli. 2022.
Published
2023-10-02
How to Cite
Huda, M., Fatichin, K., Anam, C., & Khotimah, K. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAB PEGON DI MI MIFTAHUL ULUM KARANGPILANG SURABAYA. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(2), 1-17. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i2.4899
Section
Articles