METODE REWARD QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANYUKEMBAR WATUMALANG WONOSOBO

METODE REWARD QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANYUKEMBAR WATUMALANG WONOSOBO

  • Nur Iffani Kahirunnisa Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: Reward Quiz Method, Improved Learning Outcomes, PAI

Abstract

Abstrak

Nur Iffani Khairunnisa, METODE REWARD QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANYUKEMBAR WATUMALANG WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur`an Jawa Tengah di Wonosobo, 2023.

          Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 2 Banyukembar Watumalang Wonosobo; 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode reward quiz di kelas IV SD Negeri 2 Banyukembar Watumalang Wonosobo; 3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan  menggunakan metode reward quiz pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 2 Banyukembar Watumalang Wonosobo.

Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyukembar Watumalang Wonosobo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pendahuluan berupa uji homogenitas dan uji normalitas data, kemudian analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Reward Quiz di dalam kelas dengan melaksanakan perencanaan dan proses pembelajaran yang mengacu pada RPP, Metode Reward Quiz tersebut diterapkan dengan cara memberikan kuis pada setiap anak setelah pembelajaran berlangsung kemudian memberikan reward kepada siswa yang bisa menjawab kuis dengan benar. Dengan metode tersebut siswa menjadi lebih antusias dalam menerima pembelajaran PAI; 2); Setelah diterapkan metode Reward Quiz terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyukembar Watumalang Wonosobo. Diperoleh thitung = 4,713 > ttabel = 2,602 untuk taraf signifikan 5%; 3) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai <g>hitung = 0,50 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang.

 

Kata Kunci : Metode Reward Quiz, Peningkatan Hasil Belajar, PAI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiono.2019.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Elena Sukmawati.2021. Implementasi Metode Reward dan Punishment dalam Pembelajaran PAI Berbasis Online Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA N 1 Mojotengah.Wonosobo: Kepustakaan UNSIQ Wonosobo
Elizabeth Prima.2016. Metode Reward Dan Punishment Dalam Mendisiplinkan Siswa Kelas IV Di Sekolah Lentera Harapan Gunung Sitoli,” Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura 1, no. 2
Haris Oky Adi Supinta.2021. Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru.Riau: Kepustakaan UIN SULTAN SYARIF KASIM
Ajeng Puri Lukyta Sari.2018. “Penerapan Sistem Reward Dalam Metode Quiz Team Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sambiroto 01 Semarang,” Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED 3, no. 1
Published
2023-06-26
How to Cite
Kahirunnisa, N. (2023). METODE REWARD QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANYUKEMBAR WATUMALANG WONOSOBO. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(1), 76-84. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i1.4492
Section
Articles