PENGARUSUTAMAAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPESANTRENAN DALAM PEMBENTUKAN MATURE PERSONALITY PEREMPUAN

  • Siti Lathifatus Sun'iyah universitas Islam Darul 'ulum Lamongan
Keywords: Nilai Kepesantrenan, Mature Personality, Pemberdayaan Perempuan

Abstract

Pendidikan formal di Indonesia belum dapat menjadikan generasi mudanya menjadi pribadi yang matang dalam menghadapi permasalahan yang berkembang. Pesantren sebagai lembaga tertua di Indonesia dapat berkontribusi dengan membekali generasi muda lulusannya dengan nilai-nilai kepesantrenan.

Nilai kepesantrenan merupakan nilai-nilai agama Islam yang diberdayakan dalam lembaga pendidikan pesantren. Nilai-nilai kepesantrenan dapat diinternalisasikan melalui proses pembinaan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu; transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Corak pesantren sebagai lembaga berbentuk boarding school dengan metode habituation menjadi keunggulan tersendiri dalam proses internalisasi secara intensif. Dibanding lembaga pendidikan keagamaan formal, pesantren lebih menitikberatkan proses internalisasi pada ranah sikap melalui nilai akhlak. Karakteristik pesantren melalui Identical Modelling, Cultural resistance, dan keluhuran budaya keilmuan mampu mencegah terjadinya perilaku dekadensi moral.

Pesantren dapat memberikan perhatian khusus bagi santriwati terutama terkait pembekalan dalam pembentukan mature personality. Terlebih tugas dan kewajiban perempuan selain dapat bekerja, juga tidak boleh mengesampingkan peran strategisnya sebagai istri dan ibu. Pesantren dapat membina softskill santriwati dengan internalisasi nilai-nilai kepesantrenan, seperti ikhlas, sabar, sederhana, qana’ah, dan tawakal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bukhari, al-, Muhammad bin Ismā’il, t.th., al-Jāmi’ al-Ṣahih al-Mukhtasar, Beirut: Dar el-Fikr.
Ghalayayni, al-, Musthafa. t.th. ‘izhzhah an-Nasyiin, Beirut: Dar al-Kutub al-Ulumiyyah.
Husein, Ibrahim, 2009/ Peran Perempuan Dalam Majelis Ulama, dalam Mimbar Ulama, Bandung: Alphabeta.
Ibn Katsir. t,th. Tafsîr al Qur`ân al Adzîm. Beirut: Maktabah.
Isa, Abdul Qadir, 2011. Hakekat Tasawuf, Jakarta: Qisthi Press.
Jauzi, al-, Muhammad bin Abu Bakar, Madarij as-Salikin, Beirut: Dar el-Fikr, t.th., Juz 2.
Kementerian Agama RI, 2022. Al Qur‟an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra.
Maragustam, 2000. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna (Falsafah Pendidikan Islam, Yogyakarta: Nuha Litera.
Muslim bin Hajjaj, t.th., Al-Jami’ as-Shahih Binaqli al-‘Adl ila al-‘Adl, Beirut: Dar al-Kutub Islamiyyah.
Rathomy, Moh Abdai, 2000. Terjemah Idhotun Nasyiin: Bimbingan Menuju Akhlak Luhur, Semarang: Karya Thoha Putra.
Sakandari, al-, Ibnu Athaillah, t.th., Al-Hikam al-‘atha’iyyah, Semarang: Toha Putra.
Soedijarto, 1993. Pendidikan Nasional yang relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka.
Tirmidzi, at-, Abu Isa, t.th. Sunan At-Tirmidzi, Beirut: Dar el-Fikr. Hadis Nomor 2517
Azhar, dkk., 2015. “Pendidikan Kader dan Pesantren Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasidan Aplikasi, [3]: 2.
E.T. Priyatni, 2017. “Internalisasi Karakter Percaya Diri dengan Teknik Scraffolding”, Jurnal Pendidikan Karakter, [3]: 2.
H. Baharun, 2017. “Total Moral Quality: a New Approach for Character Education in Pesantren”, Jurnal Ulumuna, [21]: 1.
H. Herlina & A. Kosasih, 2017. “Penanggulangan Kenakalan Remaja di SMP Daarut Tauhid Boarding School. Jurnal Sosietas, [6]: 2.
Hakim, Lukman. 2012. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya”. Jurnal Ta’lim, [10]: 1.
S. Kurniawan, 2017. “Pendidikan Karakter dalam Islam: Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlak al-Karimah, Jurnal Tadrib, [3]: 2.
Suhaili, H., 2018. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Islam di Tengah Komunitas yang Heterogen di SMP Xaverius Kota Bukittinggi. Jurnal Menara Ilmu, [12]: 5.
Yanti, N., dkk. 2016. “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, [6]: 2.
https://pddikti.kemendikbud.go.id/
https://republika.co.id/
Published
2022-11-15
How to Cite
Sun’iyah, S. (2022). PENGARUSUTAMAAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPESANTRENAN DALAM PEMBENTUKAN MATURE PERSONALITY PEREMPUAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 114-132. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3497
Section
Articles