PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PANJASKES TENTANG TEKNIK DASAR LARI (ATLETIK) SISWA MELALUI PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK

  • Kuwan Kuwan Guru SDN Sekargadung 2 Punggin
Keywords: Prestasi Belajar, Teknik Dasar Lari, Asesmen Autentik

Abstract

Pembelajaran merupakan terjadinya proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi
belajar harus mampu ditunjukkan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Seringkali guru dihadapkan
dengan permasalahan mengajar untuk memberikan pemahaman siswa, membina kemampuan
siswa dan mengajar untuk mengejar nilai dengan tuntutan standar kelulusan yang telah ditentukan.
Penelitiann dilaksanakan di SDN Sekargadung 2 Pungging Mojokerto. Perlu dipahami bersama
tujuan dari proses pembelajaran adalah tercapainya pengetahuan siswa yang berdikari, kreatif dan
adaftif dari seorang siswa, sehingga terjadi perubahan perilaku yang sesuai sebagai akibat dari
proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak
dalam materi teknik dasar lari (atletik) menggunakan penerapan asesmen autentik. Asesmen
autentik digunakan untuk mendiskripsikan berbagai macam format esesmen yang mencerminkan
pembelajaran, hasil belajar, motivasi, dan sikap-sikap siswa terhadap kegiatan-kegiatan yang
relevan dengan pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan asesmen autentik dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V-A SDN Sekargadung 2 kecamatan Pungging
kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pendidikan jasmani kesehatan dan
olahraga tentang teknik dasar lari (atletik). Hal ini berdasar hasil praktek dari siklus pertama
hingga terakhir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2008) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Karya.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Martin Handoko. (1992). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta:
Kanisius.
Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi.
Bandung: Rosdakarya.
Purwanto. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung:
Remaja Rosda Karya.
Rakhmad, Jalaluddin. ( 1992). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung:
PT.Remaja Rosda Karya.
Sudjana. (2005). Metode & Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah
Production.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek (ed.
Revisi v). Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. (1997), Metode Penelitian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uzer Usman M, dan Setiawati L. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar
Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Wasty, Soemanto, Drs, M.Pd. (2001). Pendidikan Wiraswasta, Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawa, Basuki. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Depdiknas.
Published
2022-10-13
How to Cite
Kuwan, K. (2022). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PANJASKES TENTANG TEKNIK DASAR LARI (ATLETIK) SISWA MELALUI PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 27-48. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3457
Section
Articles