EFEKTIVITAS PENILAIAN MATA PELAJARAN SKI BERBASIS APLIKASI GOOGLE FORM DI MTs SUNAN BONANG DAWARBLANDONG MOJOKERTO

EFEKTIVITAS PENILAIAN MATA PELAJARAN SKI BERBASIS APLIKASI GOOGLE FORM DI MTs SUNAN BONANG DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • Mujiad Mujiad Institut Pesantren KH.Abdul Chalim, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim
  • Dewi Afiatul Qutsiyah Institut Pesantren KH.Abdul Chalim, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim
Keywords: Penilaian Mata Pelajaran SKI dan Aplikasi Google Form

Abstract

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan penilaian dan efektifitas mata pelajaran SKI berbasis google form di MTs Sunan Bonang Dawarblandong Mojokerto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran SKI yang ada di MTs Sunan Bonang Dawarblandong berjumlah 1 orang, 38 orang siswa, serta Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk mengetahui tingkat keefektifan penilaian mata pelajaran SKI berbasis google form secara parsial melalui uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian mata pelajaran SKI berada pada kategori cukup dengan hasil tidak memiliki adanya keefektifan penilaian mata pelajaran SKI dengan menggunakan aplikasi google form dengan perolehan nilai t hitung sebesar -0,444 < t tabel 2,022. Adapun besar keefektifan dari variabel tersebut hanya memiliki keefektifan sebesar 0,05% berbasis google form di MTs Sunan Bonang Dawarblandong Mojokerto dan 99,95 % lainnya dapat efektif dengan faktor lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin, Welcome to Google Form, Dikutip kembali dari https://www.Google.com/intl/id/ forms/about/pada 9 Februari 2016
http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/file/Panduan-Penilaian-SMP-Revisi-2017.pdf. Dilihat pada Februari 2020.
Ikhiba Awan, Google Form (https;//www.kompasiana.com/ikhibaawanh/google-formulir_552ffe834f17f8b4632 diakses tanggal 20 maret 2020.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 IPA-SMP: Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Belajar PPT 2.4 (Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan), 278.
Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013); Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, Persada:
Studi pendahuluan peneliti di MTs Sunan Bonang Mojokerto pada bulan Januari 2020.
Supardi, Penilaian Autentik:Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi), (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015), 24.
Ulpah Sya’idah et.al., “Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Autentik (Studi Kasus Guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta)”, Jurnal Studi Al-Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, UNJ, Vol. 12, No. 2 (2016), 154.
Vivian, Membuat Alamat Gmail, dikutip dari https://support.Google.com/mail#topic=3394144 pada tanggal 20 Juni 2016
Wazdy, Salim dan Suyitman, Memahami Kurikulum 2013; Panduan Praktis untuk Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Kebumen: IAINU Kebumen, 2014), 130-131.
Published
2022-10-24
How to Cite
Mujiad, M., & Qutsiyah, D. (2022). EFEKTIVITAS PENILAIAN MATA PELAJARAN SKI BERBASIS APLIKASI GOOGLE FORM DI MTs SUNAN BONANG DAWARBLANDONG MOJOKERTO. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 84-99. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3455
Section
Articles