PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK KETRAMPILAN MENULIS MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRI TERPIMPIN BERBANTUAN DRAWING CARD

  • Suliono Suliono SDN Sekargadung 2 Pungging Mojokerto
Keywords: Prestasi Belajar, Ketrampilan Menulis, Inquiri Terpimpin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa indonesia aspek ketrampilan menulis melalui penerapan metode inquiri terpimpin berbantuan drawing card. Dari ulangan harian bahasa Indonesia, keterampilan menulis mendapat rata–rata nilai yang paling rendah dibanding dengan tiga keterampilan lainya. Aspek penilaian materi keterampilan menulis meliputi aspek ejaan dan tanda baca serta alur cerita.  Pada aspek ejaan dan tanda baca diperoleh nilai rata–rata sebesar 59,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 33,3%. Hal ini menunjukkan bahwa  ada 7 siswa dari 21 siswa sudah tuntas belajar. Adapun data hasil test unsur alur cerita sebesar 60,7 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 33,3%. Hal ini menunjukkan bahwa ada 7 siswa dari 21 siswa sudah tuntas belajar. Identifikasi permasalahan tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti tentang pelajaran yang paling disukai dan paling dibenci. Pelajaran yang paling disukai oleh sebagian besar siswa kelas IV SDN Wonodadi 2 kecamatan Kutorejo kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 adalah olah raga. Sedangkan pelajaran yang paling dibenci diantaranya adalah bahasa Indonesia, dengan alasan pelajaran bahasa Indonesia mempunyai materi yang banyak sekali dan membutuhkan kemampuan untuk menghafalkannya. Maka melalui penelitian tindakan kelas ini, peneliti akan menerapkan metode pembelajaran inquiri terpimpin dengan bantuan media drawing card. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh simpulan bahwa penerapan metode inquiri terpimpin berbantuan drawing card dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia tentang ketrampilan menulis berdasarkan gambar. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang meningkat. Penerapan metode inquiri terpimpin berbantuan drawing card pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang ketrampilan menulis berdasarkan gambar pada materi bahasa Indonesia tentang ketrampilan menulis berdasarkan gambar, diawali dengan cara memberi tugas kepada siswa untuk membuat paragraf dengan bahasanya sendiri berdasarkan gambar yang terdapat pada media drawing card. Untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, media drawing card dibuat sendiri oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-24
How to Cite
Suliono, S. (2022). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK KETRAMPILAN MENULIS MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRI TERPIMPIN BERBANTUAN DRAWING CARD. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 68-83. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3452
Section
Articles