PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW

  • Siswadi Siswadi SDN Sekargadung 2 Pungging Mojokerto
Keywords: Hasil Belajar, Operasi Bilangan Bulat, Jigsaw

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sekargadung 2 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto pada materi matematika tentang operasi bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan untuk muntuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pembelajaran matematika tentang operasi bilangan bulat di kelas VI SDN Sekargadung 2 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto. Penelitian berlangsung di ruang kelas VI SDN Sekargadung 2 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto, pada tanggal 3 Oktober 2021 sampai 16 Desember 2021. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sekargadung 2 kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 orang. Desain penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsawdapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test setiap siklus yang terus meningkat. Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsawpada pembelajaran matematika tentang operasi bilangan bulat diawali dengan memberi tugas kepada siswa untuk menyelesaikan operasi perkalian dari kalimat matematika yang tersusun pada kartu berangka. Media kartu berangka disediakan oleh guru. Pada pembelajaran lanjutan, siswa diberi kebebasan untuk menyusun bilangan yang terdapat pada kartu berangka dengan bimbingan guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-24
How to Cite
Siswadi, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 49-67. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3451
Section
Articles