INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN ASWAJA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP SIKAP ANTI-RADIKALISME MAHASISWA

  • Lutfiyani Lutfiyani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Hilyah Ashoumi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
Keywords: Moderasi Beragama, Pembelajaran Aswaja

Abstract

Internalisasi moderasi beragama yang dicanangkan oleh pemerintah, khususnya di Indonesia merupakan program yang wajib untuk dilaksanakan. Melihat fakta yang ada, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang sangat heterogen dari sisi budaya, suku, bahasa, ras, agama, pun status sosial. Keragaman seperti ini menjadi integrating force oleh masyarakat Indonesia yang riskan menyebabkan terjadinya benturan antar budaya, bahasa, suku, ras, agama, dan pendapat lain akan nilai-nilai hidup. Hal seperti ini tidak jarang memuculkan sikap intoleransi dan konflik komunal yang berujung pada tindak kekerasan fisik dan non-fisik. Dengan adanya moderasi beragama diharapkan seluruh elemen masyarakat Indonesia mampu untuk bersikap moderat dan saling menghormati antar sesama. Dalam pelaksanaanya, moderasi beragama juga telah di internalisasikan oleh mahasiswa UNWAHA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran ASWAJA dan implementasinya terhadap sikap anti-radikalisme mahasiswa UNWAHA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis peneliti maka diperoleh kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan oleh kampus UNWAHA dalam membentuk sikap moderasi beragama mahasiswa yakni dengan cara memberikan pendalaman pengetahuan agama melalui pembelajaran ahlussunnah wal jama’ah yang selektif terhadap mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Siful, and Ach Syaiful. "Urgensi Mata Kuliah Aswaja di Perguruan Tinggi Islam." Jurnal Kariman 7.2 (2019): 239-254. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/117
Darwis, Mohammad. "Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14.2 (2021): 141-163. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1094
Fathani, Aqil Teguh, and Eko Priyo Purnomo. "Implementasi Nilai Pancasila dalam Menekan Radikalisme Agama." Mimbar keadilan 13.2 (2020): 240-251. https://www.academia.edu/download/77245207/pdf.pdf
Hakim, Fikri. Hubungan Religiusitas Dengan Toleransi Beragama Peserta Didik SMK Kelas X. Dissertasion. Universitas Pendidikan Indonesia, 2020. http://repository.upi.edu/id/eprint/49859
Hanafi, Yusuf. "Mendesain pembelajaran pendidikan agama islam (pai) berwawasan moderasi beragama untuk membentuk peserta didik yang toleran dan multikultural." (2021). http://repository.um.ac.id/1193/
Hanafi, Yusuf, et al. "Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum." Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa (2022). https://www.researchgate.net/profile/Yusuf-Hanafi/publication/358259166_INTERNALISASI_NILAI-NILAI_MODERASI_BERAGAMA_DALAM_PERKULIAHAN_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_PADA_PERGURUAN_TINGGI_UMUM/Links/61f891fa4393577abe031af5/INTERNALISASI-NILAI-NILAI-MODERASI-BERAGAMA-DALAM-PERKULIAHAN-PENDIDIKAN-AGAMA-ISLAM-PADA-PERGURUAN-TINGGI-UMUM.pdf
Krisdiana, Putri. "Nilai-Nilai Dakwah Islamiah, Politik Dan Toleransi Dalam Piagam Jakarta." MUDABBIR: Jurnal Manajemen Dakwah 2.2 (2021): 154-182. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/mudabbir/article/view/4173
Nazir, Moh. "MetodePenelitian." Jakarta: Ghalia Indonesia (1988).
Ramdhani, Yusti, et al. "Persepsi Mahasiswa FKIK UIN Alauddin Makassar Tentang Moderasi Beragama dan Potensi Radikalisme." Vox Populi 4.2 (2021): 119-130. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/voxpopuli/article/view/27007
Salamah, Nur, Muhammad Arief Nugroho, and Puspo Nugroho. "Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus Melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan." Quality 8.2 (2020): 269-290. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/7517
Sugiyono, Prof. "Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D." Alpabeta, Bandung (2011).
Sutrisno, Edy. "Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan." Jurnal Bimas Islam 12.2 (2019): 323-348. http://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/113
Yusuf, Muhammad Zulfikar, and Destita Mutiara. "Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama." Dialog 45.1 (2022): 127-137. https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/535
Published
2022-10-03
How to Cite
Lutfiyani, L., & Ashoumi, H. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN ASWAJA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP SIKAP ANTI-RADIKALISME MAHASISWA. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 1-26. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3332
Section
Articles