PENGARUH PENERAPAN BUKU AJAR FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Kelas X di Madrasah Aliyah Ploso )

  • Dian Kusuma Wardani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Viska Suwarni Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Dian Alfi Nur Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Buku Ajar, Hasil Belajar

Abstract

Profesional guru sangat menentukan hasil belajar siswa. Guru yang profesional harus mampu mengembangkan sistem pembelajaran agar hasil belajar peserta didik lebih maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan seorang guru untuk mengetahui : 1) Sejauh mana penggunaan buku ajar pada pelajaran Fiqih di Madrasah, 2) Pengaruh buku ajar Fiqih  terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan agar dalam melaksanakan pembelajaran dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik dan dapat mempengaruhi minat belajar siswa dengan menggunakan buku ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Ploso, dengan sampel 25 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Ploso nilai pre-test mendapatkan nilai rata-rata 61,6 sedangkan rata-rata nilai post-test 79,96. Sedangkan hasil analisis menggunakan uji t ( berpasangan ) diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku ajar Fiqih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Ploso

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anori, S. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(1). Diakses pada tanggal 6 Juni 2022 pukul 15:20 WIB. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/498
Hakimah,V. ( 2021 ). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Aqidah Akhlak Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTsN 3 Jombang. Skripsi. Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah Jombang.
Janah,Nur.( 2021 ). Efektivitas Penggunaan Modul Qur’an Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mts Darussallam Ngesong Sengon Jombang. Skripsi. Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah Jombang.
Khoir, Q. (2018). Pengembangan Buku Ajar Fiqih dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 143-160. Di Akses 12 Juli 2022, pukul 08:05. https://doi.org/10.36835/edukais.2018.2.2.143-160
Sarimayenti, R., Asrizal, A., & Yulkifli, Y. (2018). Pengaruh Buku Ajar IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 11(1). Diakses pada tanggal 22 Mei 2022. Pukul 10:00 Wib. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/2711
Sitepu, B.P.( 2005 ). Memilih Buku Ajar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.4,Th.4:113-126.
Sugiono ( 2016 ). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiono ( 2019 ). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Kelas X MA Unggulan Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang). JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(3), 9-14. Diakses pada tanggal 12 Juni 2022. Pukul 09:00 Wib. http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/268
Published
2022-04-29
How to Cite
Wardani, D., Suwarni, V., & Nur, D. (2022). PENGARUH PENERAPAN BUKU AJAR FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Kelas X di Madrasah Aliyah Ploso ). Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 162-175. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3176
Section
Articles