The IMPLEMENTASI METODE TARJIM PADA PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PESANTREN AL QUR’AN AAYATUR RAHMAN CERME GRESIK

Implementasi Metode Tarjim Pada Program Tahfidz Al Qur'an di pesantren Qur'an Aayatur Rahman Cerme Gresik

  • Rahma Eka Putri STAI AL AZHAR MENGANTI GERSIK
Keywords: metode tarjim, tahfidz al-qur’an, pesantren qur’an.

Abstract

Hukum menjaga keotentikan ayat suci Al-Qur’an baik secara lafadz atau isi kandungan nilai- nilai yang di dalamnya adalah fardlu ‘ain atau yang biasa di sebut wajib, kewajiban ini berlaku bagi setiap individu yang mengaku dirinya sebagai umat muslim yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia terlebih lagi di akherat, penjagaan ini dalam rangkan menyambut fadzilah atau keistimewaan bagi siapa saja yang ia mau mempelajari Al-Qur’an, Membaca Al-Qur’an, Menghafal Al-Qur’an, mengamalkan Al-Qur’an dalam setiap aspek kehidupanya serta mensyi’arkan atau mendakwahkan kepada lingkungan sekitar untuk mengajak dan menyeru kepada jalan kebenaran yaitu ad dienul islam. Dalam penelitian ini peneliti adakan penelitian rumah tahfidz Aayatur Rahman yang dalam proses menghafal Al-Qur’an menggunkan metode tarjim, adapun penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, sebuah metode dalam menghafal al-Qur’an memang berbagai macam dalam menunjang keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an; kedua, dari banyaknya metode yang dapat digunakan dalam menghafal al-Qur’an, metode yang digunakan di Pesantren Qur’an Aayatur Rahman adalah metode Tarjim; ketiga, faktor-faktor yang menjadi pendukung program Tarjim dalam menghafal al-Qur’an adalah santri dapat menghafal ayat sekaligus arti per kata dari ayat yang dihafal; keempat, faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam menghaal al-Qur’an salah satunya adalah membutuhkan waktu yang lama dalam menghafal, karena bukan hanya menghafal ayat saja tetapi juga menghafal arti dari ayat yang dihafal. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah memberikan sebuah metode yang tepat dalam proses menghafal Al-Qur’an sehingga seorang penghafal Al-Qur’an agar mengetahui dan faham isi kandungan ayat al-Qur’an sehingga pesan yang terkandung dalam al-Qur’an berupa perintah-perintah syari’at islam dapat tersampaikan dan dapat di amalkan dan juga di ajarkan sehingga dapat membentuk pribadi yang qur’ani atau yang menerapkan isi kandungan ayat al-Qur’an yang mempunyai rasa khosyah atau rasa takut kepada Allah swt sehingga menjadi pribadi yang muttaqin dan muflahin baik di dunia maupun di akherat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, A., Supriyadi, T., Saepudin, U. S. A., & Pamungkas, M. I. (2021). Exegetical translation of the Qur’an: An action research on prospective Islamic teachers in Indonesia. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(2), 254–268. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i2.34691
Hidayah, A. (2018). Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(1), 51. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1801-04
Ikhwan, A., Noh, M. A. C., & Iman, N. (2020). Implementation of the Tahfidzal-qur’an curriculumat the tahfidz malaysia boarding school. Journal of Critical Reviews, 7(8). https://doi.org/10.31838/jcr.07.08.185
Kholis, N., Mufidah, N., & Indriharta, L. (2019). Implementation of Living Quran Culture in School. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 125–134. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.535
Kosim, M., Kustati, M., Sabri, A., & Mustaqim, M. (2019). Strengthening Students’ Character through Tahfidz Quran in Islamic Education Curriculum. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 69–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.81.69-94
Kuningan, M., Barat, J., Yadain, M., Tahfizh, L., Karim, D. A., Muhammad, H. N., & Arifin, A. Z. (2019). ( Implementasi Program Karantina Sebulan Hafal Al-. 4(2).
Maharani, D., Helmiah, F., Ramadhan Harahap, R., & Fachri, B. (2018). Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur’an Menggunakan Al-Qur’an Digital Tajwid. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 95–100. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.120
Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758
Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Intelektualita, 6(1), 145. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1306
Muqoddasah, K. I. (2019). Cara Mudah Menghafal Al Qur’an Melalui Metode Tarjim Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’ an Safinatul Huda Iii Bandung Diwek Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 2–20. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i2.22
Pamungkas Stiyamulyani, P. S., & Sri Jumini, S. J. (2018). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Highorder Thingking Skils (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Mahasiswa. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(1), 25. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i1.43
Penerjemahan, S., An, A.-Q. U. R., Linguistik, S., Best, T., Terjemah, P., & An, A.-Q. U. R. (2019). Sensibilitas penerjemahan al- qur’an (studi linguistik terhadap best practice pembelajaran terjemah al- qur’an ). 1(2), 19–39.
Purnamasari, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.233
Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif (pp. 1–37). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4494/1/METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis Kualitatif.pdf
Rijal Mustaqim, M., & Nurhaedha, H. (2020). Management of Halaqah Tahfidz al-Qur’an in Darut Taqwa Ponorogo Islamic Boarding School. Jurnal Tarbiyatuna, 11(2), 128–142. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/3040
Salaeh, R. (2018). Translation of Lexicons qala and its Derivation: Translation of Surah Taha by Mahmud Yunus. 228(Klua), 251–257. https://doi.org/10.2991/klua-18.2018.36
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, D. B. (2018). Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Pembentukan. 32–44.
Tujuan, A., Tsanawiyah, M., Kec, B., Kab, W. U., Tsanawiyah, M., Kec, B., & Kab, W. U. (2018). ﺚﺤﺒﻟا ﺺﺨﻠﻣ ﺔﻣﺪﻘﻣ. 1(1), 73–86.
Wandansari, S. A., Arisugema, M. H., & ... (2021). Aplikasi Metode Tarjim dan Media Belajar dalam Pembelajaran Tahfidz di Kelurahan Mekarjaya. Jumat Keagamaan …, 2(2). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1992
Yayasan, D. I., Tahfid, K., Qur, Z. H., & Nasional, A. N. (2019). Metode pembelajaran tahfid zul qur’an di yayasan karantina tahfid zh qur’an nasional (yktn) salatiga tahun 2019 skripsi.
Published
2022-04-29
How to Cite
Putri, R. (2022). The IMPLEMENTASI METODE TARJIM PADA PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PESANTREN AL QUR’AN AAYATUR RAHMAN CERME GRESIK. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 113-140. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3120
Section
Articles