PENILAIAN PAI BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DAN SURVEI KARAKTER PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

  • Siti Lathifatus Sun'iyah UNISDA LAMONGAN
Keywords: Penilaian PAI, AKM, Survey Karakter

Abstract

Output pendidikan di Indonesia yang rendah menuntut adanya inovasi pada sistem penilaian pembelajaran. Inovasi yang diharapkan lebih mengedepankan penerapan suatu pengetahuan. Pendidikan Agama Islam yang seharusnya dapat memberikan perubahan sosiokultural belum optimal dalam perannya tersebut. Inovasi pengembangan penilaian pembelajaran diperlukan agar suatu proses pembelajaran mampu beradaptasi dengan isu yang berkembang.

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang diproyeksikan sebagai evaluasi pendidikan yang mengedepankan berpikir kritus dengan pengembangan kapasitas diri dalam menyelesaikan isu yang berkembang di masyarakat. Karakteristik mapel PAI yang kaya akan literatur sangat memungkinkan dikembangkan seperti Asesmen Literasi membaca pada AKM. Asesmen Literasi Numerasi pada AKM juga dapat menjadi acuan mapel PAI dalam pengembangan penilaiannya karena PAI tidak bisa dipisahkan dari penerapan kompetensi menghitung. Substansi kedua kompetensi literasi merepresentasikan kemampuan kognitif yang berorientasi pada High Order Thinking Skill (HOTS). Karakteristik AKM yang berbasis CBT dan menggunakan tipe soal yang lebih bervariasi diaplikasikan pada penilaian PAI. Survei karakter yang merupakan pengukuran hasil belajar sosial-emosional peserta didik dalam Asesmen Nasional. Instrumen penilaian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam silabus mapel PAI. Penilaian ini dimaksudkan sebagai assesment as learning. Hasil dari penilaian PAI berorientasi AKM dan Survei Karakter ditindaklanjuti agar dapat menciptakan pembelajaran yang mengedepankan berpikir kritis dalam pemecahan isu yang berkembang di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013
Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014
Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021
Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Depdikbud, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Direktorat Pembinaan SD Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, 2018. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD), Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Hosnan, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Penerbit Graha Indonesia.
Langgulung, Hasan, 1985. Pendidikan dan Peradaban Islam, Suatu Analisa Sosio-Psikologi, Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Maksudin, 2015. Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2006. Model Penilaian Kelas KTSP SD/MI, Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Sukiman, 2010. Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Suka.
Sukiman, 2013. Modul 4: Penilaian Pembelajaran, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) LPTK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Sunardi, dkk, 2017. Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan, 2019. Panduan Penulisan Soal HOTS, Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Tim Penulis Pusmenjar, 2020. AKM dan Impilikasinya pada Pembelajaran, Jakarta: Pusmenjar Balitbang Kemendikbud.
Zuhairini, dkk, 1993. Metodologi Pendidikan Agama, Solo: Ramdhani.
Zarqani, al-, t.th., Mukhtashar al-Maqasid, Beirut: Dar el-Fikr.
Arif Riska Nurcahyo, 2020. "Asesmen Kompetensi Minimum".
Sosialisasi Assesmen Nasional LPMP Jawa Timur.
https://pusmenjar,kemendikbud.go.id.
https://akademia.edu
Published
2022-04-27
How to Cite
Sun’iyah, S. (2022). PENILAIAN PAI BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DAN SURVEI KARAKTER PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 57-78. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3086
Section
Articles