PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM STUDI ISLAM

  • Muhammad Toif Chasani
Keywords: Pendekatan normatif, Pendekatan deskriptif, tradisi, keimanan, ilmu-ilmu sosial

Abstract

Permasalahan utama dalam studi Islam adalah tentang bagaimana mendefinisikan Islam. Menurut Charles J Adams, permasalahan ini muncul karena Islam adalah fenomena keagamaan yang selalu berkembang dan berubah. Karena itu Adam tidak menghendaki adanya definisi tunggal tentang Islam yang disepakati secara universal (essentialist definition). Adams membagi fenomena keberagamaan menjadi dua aspek yaitu faith yaitu pengalaman batin pemeluk agama, dan tradition yaitu prilaku pemeluk agama yang tampak dari luar. Adams mengklasifikasi pendekatan dalam studi Islam menjadi dua. Pertama, pendekatan Normatif yang mengusung kepentingan peneliti, dan kedua, pendekatan Deskriptif yang lebih netral dan memaparkan agama apa adanya. Adams menyarankan digunakannya Ilmu-Ilmu sosial dalam studi agama. Karena agama merupakan fenomena sosial yang dapat di obeservasi dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, Charles J, Islamic Religious Tradition, dalam Leonad Binder, The studi of the Middle East, John Wiley & Sons, Inc. 1976.
Asad, Talal, “Reading a Modern Classic: W. C. Smith's "The Meaning and End of Religion"”, dalam Chicago Journal. 208. http://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jspJSTOR. Diakases 17/04/2012
Aspers, Patrick, “ Empirical Phenomenology: An Approach for Qualitative Research”, Papers in Social Research Methods Qualitative Series no 9 November 2004.
Ernst, Carl W. and Richard C. Martin, “Toward a Post-Orientalist Approach to Islamic Religious Studies” www.unc.edu/~cernst/pdf/rethinkingintro.pdf. Diakses: 14/01/2013
Lawson, B Todd, Introduction Charles J Adams, dalam Wael B Hallaq and Donal P Little, Islamic Sudies Presented to Charles J Adams, (Leiden: E.J Brill, 1991).
Zuhriyah, Luluk Fikri, “Metode dan Pendekatan dalam Studi Islam Pembacaan atas Pemikiran Charles J. Adams”, ISLAMICA, Vol. 2, No. 1, September 2007.
Published
2022-04-28
How to Cite
Chasani, M. (2022). PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM STUDI ISLAM. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 39-56. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3056
Section
Articles