DESAIN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SMP TERBUKA PONDOK PESANTREN ‘ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN WONOSALAM’ DESA WANAR KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN

  • Mokhamad Ali Musyaffa
Keywords: Desain Pembelajaran, Tahfidz al-Qur'an, SMP Terbuka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui dan mengkaji perencanaan desain
pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Terbuka Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin
Wonosalam Wanar-Pucuk-Lamongan. (2) Mengetahui dan mengkaji pelaksanaan desain
pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Terbuka Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin
Wonosalam Wanar-Pucuk-Lamongan. (3) Mengetahui dan mengkaji evaluasi desain
pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Terbuka Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin
Wonosalam Wanar-Pucuk-Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data menurut miles dan hubermen yaitu
dengan proses pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa lembaga SMP Terbuka Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin
Wonosalam Wanar-Pucuk-Lamongan telah mengupayakan untuk mengevaluasi rangkaian
kegiatan menghafal al-Quran yang mentargetkan lulusan SMP bisa hafal minimal 6 juz dari al-Quran dengan menerapkan metode wahdah dan juz’i yaitu dengan cara mengulang - ulang
bacaan per ayat dan menghafal secara berangsur-angsur atau sebagian demi sebagian kemudian
menggabungkannya antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam satu kesatuan
materi yang dihafal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-05
How to Cite
Musyaffa, M. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SMP TERBUKA PONDOK PESANTREN ‘ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN WONOSALAM’ DESA WANAR KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 117-135. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i2.2849
Section
Articles