EFEKTIVITAS METODE AL–MIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR LAMONGAN

  • Zainul Hakim

Abstract

Membaca kitab klasik/ kitab kuning adalah proyek terbesar bagi seorang
santri di samping peningkatan kualitas akhlak. Ponpes Matholi‟ul Anwar
menyadari bahwa membaca kitab bukanlah hal instan yang bisa diperoleh dengan
mudah dan dalam waktu yang singkat. Ponpes Matholi‟ul Anwar mengadopsi
metode cepat baca kitab al Miftah sebagai salah satu syarat awal bagi santri
keagamaan untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Ponpes Matholi‟ul Anwar.
Diharapkan dengan metode ini, siswa mampu menguasai baca kitab dengan waktu
yang relatif lebih singkat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini meliputi
pertama, observasi, diharapkan peneliti mampu memperoleh gambaran yang
sebenarnya tentang berjalannya program. Kedua, wawancara, diharapkan dengan
metode ini peneliti mampu memperoleh data yang lebih akurat dan bisa
dipertanggungjawabkan mengenai jalannya kegiatan. Ketiga, dokumentasi,
metode ini diharapkan mampu menjadi penguat dan bukti otentik tentang
berjalannya penelitian. Penggunaan Program al Miftah di ponpes Matholi‟ul
Anwar diikuti oleh 48 perserta yang terdiri dari 14 santri putra dan 34 santri putri.
Program ini mengadakan dua evaluasi, yakni evaluasi guru dan evaluasi siswa.
Ada beberapa hambatan yang dialami, baik oleh guru maupun santri. Hambatan
yang dialami santri diantaranya adalah kesulitan membaca pegon dan kesulitan
memahami materi secara khusus serta anak mengalami kejenuhan. Sedangkan
hambatan yang dialami guru adalah kesulitan memahami kemampuan santri,
Kesulitan mengendalikan kelas dan Kesulitan memotivasi. Secara umum, kesemua
hambatan dapat dilalui karena tiap usai KBM, para guru melakukan evaluasi.
Program al Miftah di Ponpes Matholi‟ul Anwar berjalan sesuai target, yakni
mayoritas para santri mampu menyelesaikannya Sebelum Waktu yang diberikan
usia yakni dua bulan dari batasan enam bulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habiba, S., & Sholikhah, K. (2018). Pendidikan Profetik dan Perannya dalam Menangkal Dampak Negatif Teknologi di Mlangi Yogyakarta. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2), 325-340.
Published
2021-08-19
How to Cite
Hakim, Z. (2021). EFEKTIVITAS METODE AL–MIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR LAMONGAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 68-78. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i2.2819
Section
Articles