PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO

  • Siti Rahayu NM STAI Alif Laam Miim Surabaya
Keywords: Penerapan Metode, Metode Inkuiri, Kreativitas, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pilihan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dan tahapan dalam analisis yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi dan penarikan kesimpul. hasil penelitian di atas dapat peneliti jelaskan bahwa penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo berjalan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana siswa menggunakan metode inkuiri untuk memecahkan masalah mulai dari melakukan observasi, bertanya, mengajukan dugaan (hipotesis), mengumpulkan data dan membuat kesimpulan. Dari tahapan tersebut tentu memberikan alternatif pilihan metode pada guru, sehingga metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya konvensional saja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26
How to Cite
Rahayu NM, S. (2021). PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 192-200. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i1.2582
Section
Articles