PENINGKATAN PENGENALAN HURUF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING PRESENTER PADA KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL ULUM

  • Faizatul Widat Universitas Nurul Jadid
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Nurul Jadid
Keywords: Pengenalan Huruf, Perkembangan Bahasa, Aplikasi Ispring Presenter

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan pengenalan huruf melalui media ispring presenter pada kelompok bermain Miftahul Ulum. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 20 anak kelompok bermain Miftahul Ulum dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan pengenalan huruf anak pada setiap siklus. Pada pratindakan diperoleh data dari 20 anak terdapat 5 anak (25%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data 10 anak (50%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar (85%) atau sekitar 17 orang anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa media ispring presenter dapat meningkatkan pengenalan huruf pada anak Kelompok bermain Miftahul Ulum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-16
How to Cite
Widat, F., & Nurjannah, N. (2021). PENINGKATAN PENGENALAN HURUF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING PRESENTER PADA KELOMPOK BERMAIN MIFTAHUL ULUM. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 85-93. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i1.2430
Section
Articles