KREDIBILITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SUROBOYO.KU SEBAGAI MEDIUM PERMBERITAAN COVID – 19 MASYARAKAT KOTA SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini ingin mengeksplorasi tentang perkembangan Covid-19 yang terjadi pada masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial instagram @Suroboyo.ku. Lebih lanjut, penelitian ini ingin melihat dan mengkaji kredibilitas akun Instagram @Suroboyo.ku dalam memberitakan tentang perkembangan Covid-19 yang terjadi pada masyarakat Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh berita mengenai Covid-19 yang dimuat dalam akun Instagram-nya (@Suroboyo.ku), yaitu sejak masa pandemi 28 Maret 2020 hingga selesai diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada tanggal 8 Juni 2020, sebanyak 75 (tujuh puluh lima) berita. Dari 75 berita yang diunggah @Suroboyo.Ku selama masa pandemi Covid-19, dapat dilihat bahwa belum seluruh indikator dari ketiga unsur kredibilitas media instagram akun @Suroboyo.Ku dapat dipenuhi melalui pemberitaannya. Unsur kredibilitas yang terpenuhi dalam pemberitaan ini adalah unsur trustworthiness, believeability, dan accuracy.
Kata Kunci: Kredibilitas, Media Sosial Instagram, Covid-19
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.