METODE PEMBELAJARAN PAI BERORIENTASI FUN LEARNING DI TK TUNAS RIMBA PERHUTANI KPH JATIROGO TUBAN

  • Siti Lathifatus Sun’iyah Universitas Islam Darul Ulum
Keywords: Metode Pembelajaran PAI, Fun Learning

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini dalam mencapai tujuan pendidikan membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia emas. Dalam penyelenggaraan pendidikannya, TK Tunas Rimba mampu meraih banyak prestasi termasuk dalam bidang PAI. Penulis melalui penelitian ini ingin mengungkap metode pembelajaran yang diterapkan di TK milik Perhutani tersebut. Terlebih sekolah tersebut memiliki lingkungan sekitar hutan yang asri berpengaruh dalam menunjang keberhasilan penerapan metode pembelajaran. Metode pembelajaran dibutuhkan dalam proses internalisasi nilai agama pada anak usia dini. Perhatian terhadap tingkat minat dan potensi peserta didik dianggap penting dalam proses pendidikan. Perkembangan anak usia PAUD memerlukan dorongan dan stimulasi. Karakteristik anak PAUD yang senang bermain menjadi dasar penentuan penggunaan metode pembelajaran. Pembelajaran PAI di tingkat PAUD memerlukan peletakan garis-garis dasar yang sejalan dengan misi Islam. Metode pembelajaran berguna untuk mengonstruksi penyampaian materi agama Islam dasar di kelas dan terciptanya interaksi edukatif. Pembiasaan memiliki peran penting dalam pembentukan perilaku religius di tingkat anak usia dini. Metode Demonstrasi dan Karyawisata merupakan bentuk metode yang memperkenalkan anak terhadap lingkungan sekitarnya. Metode Mendongeng merupakan metode yang tepat dalam mentransfer materi kisah dengan memberikan sugesti positif yang dapat membentuk kepribadian religius anak. Proses pembelajaran PAI tidak terlepas dari sistem evaluasi dalam mengukur tingkat penerimaan materi dan tindaklanjutnya dalam praktek pengamalan ibadah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-25
How to Cite
Sun’iyah, S. (2019). METODE PEMBELAJARAN PAI BERORIENTASI FUN LEARNING DI TK TUNAS RIMBA PERHUTANI KPH JATIROGO TUBAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), 363-382. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v6i2.1743
Section
Articles