PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN)

  • Ida Latifatul Umroh Universitas Islam Darul Ulum
Keywords: media flash card, kosa kata

Abstract

Dalam pembelajaran dibutuhkan media yang dapat membantu terlaksananya proses belajar-mengajar secara efektif. Media flash card diyakini dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh media flash card terhadap pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pre-test dan post-test, yakni satu kelas diberi treatment dan jumlah siswa adalah 17 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal pre-test dan post test, dan dokumentasi. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test sebesar 75,4, dan post-test sebesar 81,76, artinya terdapat peningkatan nilai siswa sebesar 6,35. Adapun untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap pembelajaran kosa kata, digunakan analisis t-test. Dengan bantuan software SPSS 22.0 for windows diperoleh t-hitung sebesar -7.540 dengan P value (signifikansi) 0,000. Angka ini menunjukkan bahwa t hitung > -t table (-7.540 > 2.602). Kurva t-hitung dan t-tabel menunjukkan bahwa t-hitung yang berada di area Ho ditolak dengan demikian Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berpengaruh terhadap pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Umroh, I. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN). Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 39-58. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v6i1.1467
Section
Articles