TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Muchamad Suradji Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pembelajaran, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Islam

Abstract

Teknologi menjadi faktor penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran. Karena pembelajaran sekarang baik visual maupun audio membutukan bantuan teknologi dalam prakteknya. Hal ini sesuai dengan system pendidikan modern yang berpusat pada siswa (student centered) dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan pendidikan islam. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas peran teknologi pembelajaran dalam pendidikan islam. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Dapat disimpulan bahwa teknologi pembelajaran dalam pendidikan islam: (1) Penggunaan teknologi pembelajaran pendidikan Islam harus didasarkan pada prinsip-prinsip; dapat merubah (replicability), dapat dipercaya (realibility), membuat keputusan algorithmic, komunikasi dan pengendalian (communication and control), dan efek dari skala (the effect of scale). (2) Urgensi teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam yaitu (a) Mempermudah pemahaman anak. (b) Membuat hafalan dan pemahaman anak lebih lama karena seluruh indra dilibatkan untuk beajar. (c) Meningakatkan minat belajar anak. (d) Membantu dalam pemantapan iman. (e) Membantu dalam keberhasilan pembelajaran. (f) Membantu dalam mengatasi problematika moral dan penyimpangan-penyimpangan akhlak bahkan menghilangkan sifat-sifat tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-10
How to Cite
Suradji, M. (2016). TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 67-78. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1219
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>