Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw

  • Imam Santoso SMP Sunan Drajat Sugio
Keywords: Prestasi belajar, pembelajaran kooperatif model Jigsaw

Abstract

Proses pembelajaran agar dapat berjalan efektif maka guru harus melibatkan siswa secara aktif dalam dalam belajar. Penelitian tindakan kelas ini berdasarkan permasalahan yang ada dikelas VII-A SMP Sunan Drajat Sugio, yang prestasi belajar matematikanya masih rendah. Agar prestasi belajar matematika dapat meningkat maka salah satunya adalah menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw yaitu memberi kesempatan belajar kepada siswa semakin banyak dan optimal serta guru menunjukan keseriusan pada saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, maka makin tinggi kemungkinan prestasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Sunan Drajat Sugio sebanyak tiga siklus pada kelas VIIA Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 28 siswa, dimana masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2016.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw memiliki dampak positif dalam peningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu pada siklus I 67,86 %, pada siklus II 82,14 %, dan pada siklus III 89,29 %.Penelitian tindakan kelas ini dapat membuktikan bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat menigkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-A SMP Sunan Drajat Sugio.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
How to Cite
Santoso, I. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 38-67. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v5i1.1080
Section
Articles