Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo

  • Yustisia Amalia Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Davis Febrinanto Prakasa
Keywords: Service Quality, Customer Loyalty, Attitude and behavior, Accessibility and Flexibility, Reliability and Trustworthness

Abstract

This research is aiming to analyze the effect of service quality consisting of, Attitutude and behavior, Accessibility and Flexibility, dan Reliability and Trustworthness to customer satisfaction, where customer satisfaction is meant by patient satisfaction. The respondents used in this research were patients of Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo aged 21 to 60 years who underwent hospitalization in standard care rooms for more than 1 day and had passed the initial action (patients entered through emergency installations or polyspecialists), totaling 60 people. Based on the calculation of F test, a calculated F value of 42.107 was obtained with a significant level of 0.000 smaller than (α) 0.05, so that simultaneously the quality of service consisting of: Attitude and behavior, Accessibility and flexibility, Reliability and trustworthness has a significant influence on patient satisfaction at Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari, Sikap dan perilaku, Aksesibilitas dan Fleksibilitas, serta Keandalan dan Kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan, dimana kepuasan pelanggan yang dimaksud adalah kepuasan pasien. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo berusia 21 hingga 60 tahun yang menjalani rawat inap di ruang perawatan standar lebih dari 1 hari dan telah melewati tindakan awal (pasien masuk melalui instalasi gawat darurat atau polispesialis) yang berjumlah 60 orang. . Berdasarkan perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 42,107 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari (α) 0,05, sehingga secara simultan kualitas pelayanan terdiri dari : Sikap dan perilaku, Aksesibilitas dan fleksibilitas, Keandalan dan dapat dipercaya. mempunyai sebuah pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Didik Ahyani, Abd. Kodir Djaelani, Moh. Hufron. 2014. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Dr. Saiful Anwar Malang (Studi pada Pasien Rawat Inap RSUD Dr. Saiful Anwar Malang). JEMA, Vol.7, No. 2 (Agustus 2014) : 207-222.
Ferdinand. 2020. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Gery Amstrong. 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta.
Kotler, Philip, 2017, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., New Jersey. p: 286. Kotler P, Keller KL. 2020. Manajemen Pemasaran, Ed. Ke-13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. p: 138-139.
Kuswanti, Noni Defriani dan Beby Karina. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Berobat di Rumah Sakit Haji Medan. Alumni FE USU Departmen Manajemen.
Lupiyoadi, Hamdani. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Penerbit Salemba Empat. p: 181.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat. Panjaitan, Januar Efendi dan Ai Lili. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE
Cabang Bandung. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Sukesi. 2010. Analisis Konsekuensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Kajian pada Pengguna Pelayanan Publik Dinas Perhubungan & LLAJ Provinsi Jawa Timur).
Suryawati, Chriswardani. 2004. Kepuasan pasien rumah sakit ( tinjauan teoritis dan penerapannya pada penelitian ).
Jurmal managemen pelayanan kesehatan vol.07/ no.04/ 2004. Yogyakarta: UGM press. Tjiptono, F. & Diana, Anastasia. 2020. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Published
2024-01-17
How to Cite
Amalia, Y., & Prakasa, D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Graha Delta Husada RSUD Sidoarjo. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 7(1), 38-46. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v7i1.5817
Section
Articles