Implementasi Strategi green marketing Di Kantin Amanah PPA lubangsa Utara Putri Indonesia

  • Ina As'ary Institut Ilmu Keislaman Annuqayah
  • Maksum Maksum

Abstract

Kerusakan lingkungan merupakan masalah yang sulit diatasi oleh manusia karena perkembangan bisnis yang semakin pesat sehingga menimbulkan efek negative bagi lingkungan hidup. Akan tetapi dengan tumbuhnya kesadaran telah merubah cara pandang dan pola hidup dari konsumen dan para pelaku usaha. perubahan pola konsumen ini di manfaatkan oleh para produsen untuk memunculkan fenomina baru dalam dunia pemasaran berupa strategi pemasaran ramah lingkungan (green marketing).Kantin Amanah merupakan salah satu tempat makan yang ada di Pondok Pesantren Annuqayah yang menerapkan strategi green marketing. penelitian ini bertujuan untuk di jadiakan acuan bagi para usaha yang akan melakukan penerapan strategi green marketing yang bisa meminimalisir masalah lingkungan dari sampah yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam hal pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi green marketing yang digunakan oleh kantin Amanah yaitu Green Packaging,, Deciding about Green Price, Applying “green” logistics, Changing the attitude towards waste,Being genuine, Educate your customer),Know your customer. setelah menerapkan strategi ini kantin amanah mengalami peningkatan terutama dalam keputusan pembelian dan kepedulian lingkungan. penerapan strategi green marketing di Kantin Amanah ini dapat terlaksana + 80% dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan strategi green marketing.

Kata Kunci :  Green Marketing, Strategi Green MarketinKerusakan lingkungan merupakan masalah yang sulit diatasi oleh manusia karena perkembangan bisnis yang semakin pesat sehingga menimbulkan efek negative bagi lingkungan hidup. Akan tetapi dengan tumbuhnya kesadaran telah merubah cara pandang dan pola hidup dari konsumen dan para pelaku usaha. perubahan pola konsumen ini di manfaatkan oleh para produsen untuk memunculkan fenomina baru dalam dunia pemasaran berupa strategi pemasaran ramah lingkungan (green marketing).Kantin Amanah merupakan salah satu tempat makan yang ada di Pondok Pesantren Annuqayah yang menerapkan strategi green marketing. penelitian ini bertujuan untuk di jadiakan acuan bagi para usaha yang akan melakukan penerapan strategi green marketing yang bisa meminimalisir masalah lingkungan dari sampah yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam hal pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi green marketing yang digunakan oleh kantin Amanah yaitu Green Packaging,, Deciding about Green Price, Applying “green” logistics, Changing the attitude towards waste,Being genuine, Educate your customer),Know your customer. setelah menerapkan strategi ini kantin amanah mengalami peningkatan terutama dalam keputusan pembelian dan kepedulian lingkungan. penerapan strategi green marketing di Kantin Amanah ini dapat terlaksana + 80% dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan strategi green marketing.
Kata Kunci : Green Marketing, Strategi Green Marketin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, “Green Marketing: Konsep Alternatif Dalam Pemasaran,” Jurnal Ekonomic, Volunle 10 Nomorl, Apri1 2010.
Allen A. Ch. Manongko Allen A. Ch. Manongko, Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory ofPlanned Behavior), Yayasan Makaria Waya:2018.

Effendi Arif dan jusuf, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Yogyakarta: andi , 2015.
Hamid, Ahmad Munir, and Iskandar Ritonga. "Economic Empowerment Of Ummah Through Sharia Fintech: Literature Review." Valley International Journal Digital Library (2023): 5289-5301.
Kusuma Indra Erik Dkk., “Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, Nomor 1, Vol. Mei 2017.
Prastiyo,Yuni, “Pengaruh Marketing Tool’s Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen,’’ E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 6, 2016.
Rahmawati dkk., “Pengaruh Penerapan Green Marketing Dan Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Uht Ultramilk(Studi Kasus Masyarakat Kota Sumbawa), ” Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis.
Ristianawati, dkk, “Pengaruh Pengetahuan, Kepedulian Dan Sikap Pada Lingkungan Terhadap Minat Pembelian Produk Hijau,” Media Trend Vol. 9, No.2, oktober 2014.
Rohmat, Sholahudin, ‘‘Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Ades,’’ Jurnal . Solo: Universitas, Maret, 2013.
Septifandi, dkk., “pengaruh green marketing terhadap pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian,” jurnal manajemen teknologi, vol. 13 NO. 2, 2014.
Shaputra Kharismawan Rizky, “Penerapan Grenn Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik,” Jurnal JIBEKA ,Volume 7, No 3 Agustus 2013.
Wolok Tineke, Green marketing,(athra samudra).
Published
2024-01-17
How to Cite
As’ary, I., & Maksum, M. (2024). Implementasi Strategi green marketing Di Kantin Amanah PPA lubangsa Utara Putri Indonesia. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 7(1), 79-98. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v7i1.4858
Section
Articles