Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kreativitas Bisnis Serta Pengaruhnya Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi
Studi Sentra Industri Konveksi Desa Tritunggal Babat Lamongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kreativitas terhadap keuntungan pengusaha konfeksi secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 pengusaha konfeksi di desa Tritunggal, Babat, Lamongan. Sampel penelitian ditentukan oleh rumus slovin sehingga diperoleh 113 reponden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 28 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5 dan telah diuji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan dari uji parsial variabel etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha dengan 3,228 > 1,659 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Dari variabel kreativitas berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha menunjukkan 5,421 > 1,659 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian, Uji simultan variabel etika bisnis Islam dan kreativitas berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha konfeksi menujukkan 62,081 > 3,08 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil R Square sebesar 53,0% menunjukkan pengaruh etika bisnis Islam dan kreativitas terhadap keuntungan pengusaha. Sedangkan 47,0% dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian.
Downloads
References
Charli, Chintya Ones dkk. 2023. Pengantar Bisnis. Solok: CV. Mitra Cendekia Media.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, dalam https://lamongankab.go.id/disperindag diakes tanggal 17 maret 2023.
Faradiska, Devi dan Rinda Asytuti. 2019. “Penerapan Etika Bisnis Islam, Religiusitas, dan Kreativitas Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi" dalam Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam SERAMBI, Vol. 1, No. 3 desember. Jakarta: Imperium.
Fasa, Muhammad Iqbal. 2020. Eksistensi Bisnis Islami di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Harahap, Isnaini dkk. 2017. Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta: Prenada Media.
H.M, Muhammad Anwar. 2014. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Jamin. 2018. “Analisisa Hukum Islam Terhadap Keuntungan dalam Jual Beli (Telaah Kritis Sirkulasi Ekonomi dalam Transaksi Penjualan)", dalam Jurnal Ilmu Ekonomi Islam LABATILA, Vol. 2, No. 1 Juni. Kebumen: LABATILA.
Latifah, Eny. 2020. Pengantar Bisnis Islam. Grobongan: CV. Sarnu Untung.
Nasir, Munawir. 2020. Etika dan Komunikasi dalam Bisnis: Tinjauan Al-Qur’an, Filsafat dan Teoritis. Makasar: CV. Social Politic Genius (SIGn).
Novika, Windari dan Tutik Siswanti. 2022. “Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur- Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2017-2019)” dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi JIMA, Vol. 2, No. 21 Januari. Jakarta: JIMA.
Puspaningrum, Astrid. 2021. Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Kajian Perilaku Pelanggan Hypermart. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Siyoto, Sandu dan Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudirman, Acai dkk. 2022. Kewirausahaan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Thian, Alexander. 2022. Entrepreneurship For Start-Up Business. Yogyakarta: Andi.
Tutang dan Ari Qura’nia. 2021. Kewirausahaan dan Etika Profesi: Kiat Sukses Menjadi Seorang Pengusaha, Kewirausahaan. Jakarta: Datakom Litas Buana (DATAKOM).
Wardani, Putri Eka dkk. 2021. Sistem Sosial, Solidaritas dan Pemberdayaan Masyarakat.
Kudus: Guepedia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.