Efektivitas Strategi Pemasaran Syariah Pada UMKM Pasca Pandemi

Di Desa Jatigunting Wonorejo Pasuruan

  • Risqi Hidayati Universitas Yudharta Pasuruan
  • Mukhsinin Syu'aibi Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ifdholul Maghfur Universitas Yudharta Pasuruan
  • M Dayat Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pandemi, Efektifitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang dilakukan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Jatigunting Wonorejo Pasuruan dalam mempertahankan usaha pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di era pasca pandemi covid-19 yang kedua untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran syariah yang dilakukan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Jatigunting Wonorejo Pasuruan dalam menghadapi era pasca pandemi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan hasil temuan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, serta teknik keabsahan data menggunakan Tringulasi. Dapat diperoleh bahwa strategi yang digunakan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Jatigunting Wonorejo Pasuruan dalam mempertahakan usahanya dengan menerapkan strategi pemasaran syariah melalui 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, Physical evidence) yaitu; produk, harga, promosi, tempat, proses, manusia, dan bukti fisik hanya pada promosi yang tidak dilakukan selama era pasca pandemi. Selain strategi bauran pemasaran yang dipakai oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Jatiguting Wonorejo Pasuruan juga sudah menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan syariah Islam. Efektivitas strategi pemasaran yang dilakukan sudah efektif untuk bertahan di era pasca pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Dimas Hendika Wibowo. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Solo)” volume 29 (2015).
Dkk, Masrul. “Pandemik Covid-19 Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia.” (Medan: Yayasan KIta menulis, 2020) (n.d.): 69.
Eka Hendrayani. Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021.
Eko Prasetyo. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran.” (Akademika 2018) (n.d.): 13.
Hartini. Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2018.
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, n.d.
M. Burhan Bungin. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.
Onny Siagian. “Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi.” Jurnal Teknologi dan Informasi Vol. 3 (2021): 208.
Puput Saeful Rahmat. “Penelitian Kualitatif , Equilibrium” vol.5 No.9 (2009): h.2.
Purnama Putra. Teori Dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2018.
Thorik Gunara dan Hardiono. Marketing. Bandung: PT Karta Kita, 2008.
Wiwik Hasbiyah. Teori Dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: Rajawali Press, 2018.
“UU No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah” (n.d.): h.2.
Assauri Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Dimas Hendika Wibowo. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Solo)” volume 29 (2015).
Dkk, Masrul. “Pandemik Covid-19 Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia.” (Medan: Yayasan KIta menulis, 2020) (n.d.): 69.
Eka Hendrayani. Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021.
Eko Prasetyo. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran.” (Akademika 2018) (n.d.): 13.
Hartini. Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2018.
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, n.d.
M. Burhan Bungin. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.
Onny Siagian. “Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi.” Jurnal Teknologi dan Informasi Vol. 3 (2021): 208.
Puput Saeful Rahmat. “Penelitian Kualitatif , Equilibrium” vol.5 No.9 (2009): h.2.
Purnama Putra. Teori Dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2018.
Thorik Gunara dan Hardiono. Marketing. Bandung: PT Karta Kita, 2008.
Wiwik Hasbiyah. Teori Dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: Rajawali Press, 2018.
“UU No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah” (n.d.): h.2.
Published
2023-07-31
How to Cite
Hidayati, R., Syu’aibi, M., Maghfur, I., & Dayat, M. (2023). Efektivitas Strategi Pemasaran Syariah Pada UMKM Pasca Pandemi. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(2), 15-29. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i2.4600
Section
Articles