Kajian Etika Bisnis Islam Pada Pengembangan Usaha Ternak Sapi Perah

Di Desa Senduro Kabupaten Lumajang

  • Chulil Barory Stebi Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
  • Devi Ayu Fatmawati Stebi Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
Keywords: Etika Bisnis Islam, Pengembangan Usaha, Ternak Sapi Perah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji etika bisnis yang dilakukan dalam pengembangan usaha ternak sapi perah di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pengembangan usaha ternak sapi perah di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang adalah memfokuskan pada produksi kualitas susu dan penurunan jumlah pengangguran diKecamatan tersebut. jika dikaji dari etika bisnis islam pengembangan usaha ternak sapi perah di kematan tersebut telah memenuhi unsure gotong royong, kejujuran, keadilan dan amanah. Hal tersebut yang menjadikan para peternak di Kecamatan tersebut memiliki rasa kekeluargaan dan tidak ada sikap imtimidasi diantara peternak lainnya. Namun terdapat kendala yang menghambat laju pengembangan usaha tersebut yakni modal usaha yang terbatas sehingga diperlukan langkah strategis dari pemerintah desa dalam mengoptimalkan Badan Usaha Desa (BUMDES) untuk memenuhi kebutuhan pinjaman modal bagi peternak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Sajida Asis Nurul, Darsono, and Arip Wijianto. “Peran Koperasi Unit Desa ( KUD ) Andini Luhur Getasan Dalam Pengembangan Usaha Ternak Sapi Perah Di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.” AGRISTA: Jurnal Agribisnis UNS 4, no. 3 (2016).
Amam, Amam, M. W. Jadmiko, P. A. Harsita, and M. S. Poerwoko. “Model Pengembangan Usaha Ternak Sapi Perah Berdasarkan Faktor Aksesibilitas Sumber Daya.” Jurnal Sain Peternakan Indonesia 14, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31186/jspi.id.14.1.61-69.
Barokah, U. “Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat Di Kabupaten Boyolali.” Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan 7, no. 2 (2009): 80–86.
Cahyantini, Aryntika, Juwita Purnami Restu Suwondo, and Noeke Chrispur Madiarsih. “Peran Pengelolaan Objek Wisata Milkindo Green Farm Terhadap Pengembangan Masyarakat Lokal.” Journal of Regional Economics Indonesia 2, no. 1 (2021): 16–26.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Kader, Mukhtar Abdul. “Peran UKM Dan Koperasi Dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Di Indonesia.” JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen 8, no. 1 (2018): 15–32.
Lubis, Nazariyah, Alistraja Dison Silalahi, and Ova Novi Irama. “Analisis Dana Zakat Produktif Sebagai Modal Usaha Mikro Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara.” Jurnal Inovasi Penelitian 2, no. 10 (2022): 3303–10.
Nurtini, Sudi, and Mujtahidah Anggriani UM. Profil Peternakan Sapi Perah Rakyat Di Indonesia. UGM PRESS, 2018.
Putra, M S, Istianah Asas, Syaiful Amar, and Mizan Asnawi. “Masalah Distribusi Pendapatan Dan Kemiskinan Di Indonesia.” Megister Ekonomi Pembangunan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 2010.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
Rujiansyah, Rujiansyah. “ETIKA BISNIS DALAM ISLAM.” Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24903/je.v4i1.209.
Ruslina, Elli. “Makna Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 Dalam Pembangunan Hukum Ekonomi Indonesia.” Jurnal Konstitusi 9, no. 1 (2012): 49–82.
Widayati, Enny, Haswan Yunaz, Tagor Rambe, B Wishman Siregar, Achmad Fauzi, and Romli Romli. “Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 6, no. 2 (2019).
Zamzam, H Fakhry, and Havis Aravik. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish, 2020.
Published
2023-07-31
How to Cite
Barory, C., & Fatmawati, D. (2023). Kajian Etika Bisnis Islam Pada Pengembangan Usaha Ternak Sapi Perah. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(2), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i2.4015
Section
Articles