Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Crispi Jamur Bobby’z di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung

  • Ruruh Dewi Sekar Masitoh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri W H Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
Keywords: Promosi, Cita Rasa, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan pada Crispi Jamur Bobby’z Di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini  adalah cita rasa (X1), promosi (X2) dan keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Crispi Jamur Bobby’z yang berjumlah 1.195 orang, dengan Jumlah sampel 180 konsumen,  teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  teknik probability sampling yaitu menggunakan simpel random sampling.   Data   dikumpulkan   dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini didasarkan pada  hasil t-hitung pada variabel cita rasa sebesar 6,631 dengan  tingkat  signifikansi  sebesar  0,000.  Promosi  juga  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini  didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel promosi sebesar 5,237 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Kemudian secara simultan cita rasa dan promosi juga berpengaruh  signifikan terhadap keputusan pembelian Crispi Jamur Bobby’z. Hal ini didasarkan  pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 51,151 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achidah, Nur, Moh Mukeri Warso, Leonardo Budi Hasiholan (2016), Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor MIO GT (Studi Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal) Journal of Management. Vol. 2 No. 2.
Ansah, A. (2017). Pengaruh Desai Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–190.

Dilarasi, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. Jurnal Manjemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42.

Imantoro, Fatih, Suharyono, Sunarti (2018), Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian (Survey terhadap Konsumen Mie Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh), Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 57 No. 1.

Kannapadang, Dwibin (2021), Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel di Outlet Todi’Cell Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja, Jurnal Economix No. 9 Vol. 1.

Kotler, Philip (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Millenium). Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo

Rambat Lupiyoadi dan Ahmad Hamdani (2006), Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Muhajir, A., & Bilgies, A. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 36–50.

Priyatno, Dwi. 2012. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Jakarta : Mediakom

Resky, D. (2021). Pengaruh Cita Rasa, Desain Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ale-Ale. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 381–393.

Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta
Suherman, A. W., & Hongdiyanto, C. (2020). Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(3), 233–241.

Walukow, Agnes Ligia Pratisitia, Lisbeth Mananeke dan Jantje Sepang (2014), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. Vol. 2 No. 3.

Widagdo, Herry (2011), Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer Pada PT. XYZ Palembang, Jurnal Ilmiah STIE DP, Vol. 1 No. 1.

Zulaicha, Santri dan Rusda Irawati (2016), Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batami, Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis.
Published
2022-07-29
How to Cite
Masitoh, R., & Sri W H, M. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Crispi Jamur Bobby’z di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 80-91. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3268
Section
Articles