Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik

  • Ali Muhajir Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Ana Fitriyatul Bilgies Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Digital Marketing, Strategi Promosi, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan strategi promosi terhadap peningkatan penjualan, baik secara parsial maupun secara simultan, pada CV. Sinar Terang Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah digital marketing (X1), strategi promosi (X2) dan peningkatan penjualan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Sinar Terang yang berjumlah 126 orang, dengan Jumlah sampel 56 orang pelanggan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan kriteria uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel digital marketing sebesar 5,036 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Strategi promosi juga berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan. Hal ini didasarkan pada hasil t-hitung pada variabel strategi promosi sebesar 3,362 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Kemudian secara simultan digital marketing dan strategi promosi juga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan pada CV. Sinar Terang Gresik. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dilihat dari hasil F-hitung sebesar 4,023 dengan tingkat signifikansi kurang dari 5% yaitu 0,000.++

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnot, D. C. & Bridgewater, S. (2002). Internet, Interaction and Implications for Marketing. Marketing Intelligence & Planning. 86–95.
Chaffey, David, dan F. F. (n.d.). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Pratice. (p. 2016). United Kingdom: Pearson.
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Tehadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industry. Ikopin, 10.
Ha, L. (2008). Penelitian periklanan online dalam jurnal periklanan: Tinjauan. Jurnal Lancar Masalah Dan Penelitian Dalam Periklanan, 31–48.
Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhallindo.
Pratama, A. A. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Peningkatan Penjualan Di Ovan Putri Bridal And Make Up Surabaya. Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 6.
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Kompetensi Teknik, 2.
Robinson, H., Wysocka, A., & Hand, C. (2007). Internet advertising effectiveness: the effect of design on click-through rates for banner ads. International Journal of Advertising, 527–541.
Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F. (2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based educational environment. 81–97.
Sanjaya, R. & J. T. (2019). Creative Digital Marketing. PT. Elex Media Komputindo.
Satria, R. dan H. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM. Training Dan Research Institute Jeramba Ilmu Sukses, 2.
Satriawan, R. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Kangaroo Motor Mandiri. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 1–77.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi promosi pemasaran. In FKIP UHAMKA.
Sotnikova, A. (2016). TheApplication of Digital Marketing Strategies to Increase Profits. International Business, 1–72.
Swastha, B. (2004). Pengantar Bisnis Modern. Salemba Empat.
Published
2022-07-26
How to Cite
Muhajir, A., & Bilgies, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 36-50. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3197
Section
Articles