Analisis Strategi Pemasaran Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah

Studi Kasus Di Hotel Wali Songo Surabaya

  • Izzatun Maghfirah Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam, Marketing Syariah

Abstract

Hotel Syariah merupakan konsep baru dalam dunia perhotelan yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan bermula dari kesadaran orang Islam untuk menerapkan aturan Islam dalam dunia perhotelan. Tujuannya adalah menjauhkan orang dari perilaku yang tidak dibenarkan oleh agama. Apalagi, sebagaimana diketahui bahwa mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim. Maka, tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel yang berbasis syariah, apakah sesuai dengan etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Dari analisa yang dilakukan menunjukkan bahwa Hotel Wali Songo Surabaya telah menerapkan konsep etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Hal itu ditunjukkan dengan melaksanakan konsep tauhid, keadilan dan ihsan dalam etika bisnis Islam serta melaksanakan empat karakteristik marketing syariah yaitu, ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (waqi’iyyah) dan humanistik (insaniyyah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung, 2016)
Asnawi, Nur, dan Muhammad Asnan Fanani, Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, & Isu-isu Kontemporer, (Depok: Rajawali Pers, 2019)
Djudiyah, Lingkungan dan Kepuasan Konsumen Hotel, Jurnal Vol. 01, No.01, Januari 2013
Fauzia, Ika Yunia, Etika Bisnis Dalam Islam, (Jakarta: Penerbit Kencana, 2017)
Hafidhudin, Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik (Jakarta: Gema Insani Press, 2003)
Hermawan Kertajaya, Hermawan Kertajaya on Marketing, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006)
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. (Jakarta: PT. Prihalindo.2005)
Mustaq, Ahmad, Etika Bisnis dalam Islam (Cetakan Pertama, Pustaka Al- Kautsar: Jakarta Timur 2001)
Subandi, Bambang Bisnis Sebagai Strategi Islam ( Surabaya: Paramedia,2000)
Susilowati , Strategi Pemasaran dalam menghadapi peluang dan tantangan di tahun 2012 pada Hotel Phoenix, Yogyakarta.Tesis. 2002.
Rosyadi, Muhammad Ammad Faiz Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention (studi kasus pada Bank BPD DIY Cabang Syariah),Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum: UIN Yogyakarta, 2012
Wawancara dengan bapak Rubayan,13 Agustus 2018
Published
2022-01-15
How to Cite
Maghfirah, I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(1), 64-74. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v5i1.2993
Section
Articles