Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Kafalah Haji di KSPPS MUI Jawa Timur

Studi Kasus Pada Kantor Pusat KSPPS MUI Jawa Timur Bungah Gresik

  • Muh Ufuqul Mubin Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Nia Nur Anggraini Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Promosi, Minat Nasabah, Kafalah Haji

Abstract

Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah atau calon nasabah di sebuah lembaga keuangan syariah. Salah satu produk Lembaga Keuangan Syariah yang saat ini dikembangkan adalah produk dengan akad kafalah. Kafalah yang dimaksud adalah produk kafalah haji. Produk tersebut disediakan oleh KSPPS MUI Jawa Timur untuk pembiayaan haji. Produk pembiayaan kafalah haji merupakan pinjaman dana talangan darin KSPPS MUI Jawa Timur kepada anggota atau calon anggota untuk menutupi kekurangan dana perolehan kursi atau porsi haji pada saat pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat nasabah pada produk kafalah haji di KSPPS MUI Jawa Timur Bungah Gresik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 32. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederhana, uji hipotesis. Penelitian menujukkan bahwa, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produk kafalah haji. Dan dari hasil pengujian, terdapat hubungan atau pengaruh positif yang signifikan antara promosi dan minat nasabah terhadap produk kafalah haji

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-11
How to Cite
Mubin, M., & Anggraini, N. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Kafalah Haji di KSPPS MUI Jawa Timur. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 4(1), 61-74. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v4i1.2327
Section
Articles