Pengaruh Pemasaran Elektronik, Media Sosial Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko KZ All Shop Kota Bengkulu

  • Cindy Alvionia Alvionia Universitas Prof Dr Hazairin SH Kota Bengkulu
  • Markoni Markoni Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Fauzan Fauzan Universitas Prof Dr Hazairin SH
Keywords: Electronic marketing, Social media , Digital marketing, Purchasing decisions

Abstract

Studi mengetahui pengaruh pemasaran elektronik (X1), media sosial, (X2), dan pemasaran digital (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen Toko KZ All Shop Kota Bengkulu. Dengan menggunakan metode skala Likert, mereka menyebarkan kuesioner kepada responden. metode penelitian metode kuantitatif populasi diambil penelitian ini semua konsumen toko di Toko KZ All Shop Kota Bengkulu pada bulan Januari 2023 Sampel penelitian ini adalah 200 responden dan telah memenuhi kriteria kecukupan ukuran sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah metode accidental sampling. data yang diperoleh penelitian ini akan diolah dengan menggunakan software SPSS 20. analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemasaran elektronik (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil keputusan pembelian (Y), media sosial (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil keputusan pembelian (Y) pemasaran digital (X3), pengaruh secara simultan terhadap hasil keputusan pembelian (Y) ) secara keseluruhan terdapat pengaruh pemasaran elektronik media sosial dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada Toko KZ All Shop Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Candra Irawan, I. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907
Chaffey, D., & Chadwick-Ellis, F. (2016). Strategy, Implementation and Practice. In Digital Markerting. www.pearson.com/uk
Chong, W. K., Bian, D., & Zhang, N. (2016). E-marketing services and e-marketing performance: the roles of innovation, knowledge complexity and environmental turbulence in influencing the relationship. Journal of Marketing Management, 32(1-2), 149–178. https://doi.org/10.1080/0267257X.2015.1102758
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Lokasi Terhadap. Pemasaran Esensi & Aplikasi, 1, 52–60.
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari'Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
J. Supranto. (2022). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (Untuk Menaikkan Pangsa Pasar). Jakarta : Rineka Cipta
Kautsarina, K. (2013). Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial (Survei Pelaku UKM di Provinsi Jambi dan Bengkulu). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 135–147. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/170202/109
Kotler, P .(2023). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 741. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p19
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.
Suyanto, M. (2023). Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : Andi.
Published
2023-10-31
How to Cite
Alvionia, C., Markoni, M., & Fauzan, F. (2023). Pengaruh Pemasaran Elektronik, Media Sosial Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko KZ All Shop Kota Bengkulu. J-MACC : Journal of Management and Accounting, 6(2), 216-226. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/j-macc.v6i2.4491
Section
Articles