ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 01 BAKUNG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • Widya Rahayu IAIN TULUNGAGUNG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 01 Bakung yang berjumlah 32orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran matematika.  Hasil penelitian ini ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori rendah lebih banyak laki-laki, dan kategori sedang siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Sebaliknya tidak ada siswa laki-lakiyang memperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi. Setelah dianalisis dari jawaban siswa, menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhamad, Nurdin, “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk MeningkatkanRepresentasi Matematis dan Percaya Diri Siswa, Jurnal Pendidikan Unversitas Garut”, Vol 09, No 01, diakses 19 Maret 2018.
[2] Indraningtias,Diah Ayu dan Wijaya,Ariyadi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PendekatanMatematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIIISMP, Jurnal Pendidikan Matematika”, Vol. 6 No. 5, diakses 19 Maret 2018.
[3] Asyrofi, M, dan Junaedi, Iwan, “Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari MultipleIntellingence Pada Pembelajaran Hybrid LearningBerbasis Konstruktivisme, Unnes Journal of Mathematics Education Research”,Vol 5, No1, diakses 19 Maret 2018.
[4] Dewi,Izwita, dkk, “Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis
Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender, Jurnal Didaktik Matematika”, Vol 4 No 2, diakses 19 Maret 2018.
[5] Dewi, I. (2009). Profil Komunikasi Matematika Mahasiswa Calon Guru ditinjau dariPerbedaan Jenis Kelamin. Disertasi Tesis tidak dipublikasikan. Program PascasarjanaSurabaya : Surabaya.
Hayatunnizar. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui PenerapnModel Problem Base Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 4 (1), 119-128.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Sabirin, Muhamad. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari.Vol 1 No.2 Januari - Juni 2014. Diakses Mei 2018 darihttps://media.neliti.com/media/pubications/121557-ID-representasi-dalam pembelajaranmatemati.pdf.
Published
2019-12-28