PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

  • Nia Ardianti IAIN Tulungagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Suruh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh yang berjumlah 250 siswa. Dari populasi tersebut, sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (uji-t) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitasBerdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sampel berdistribusi nomal dan homogen, serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Lentera Cendekia.
Hikmah, N. Baidowi, & Kurniati, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pijar MIPA. Vol 9 (2), pp.84-88.
Kartika, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tunggangri. Tidak dipublikasikan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Purwanto. (2009), Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, T.R., Huda, M. & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Peraga Rubrik Terhadap Self Efficacy Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 3 (2), pp.117-123.
Rahmawati, F. D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Reni, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Diakses dari: http://www.digilib.unpas.ac.id. [19 Mei 2018].
Siswono, T.Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Published
2020-01-24