Pengembangan Bahan Ajar Geometri Van Hiele

  • ISHMATUL MAULA IAIN SAMARINDA

Abstract

##Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Geometri Van Hiele dan menguji efektifitas dari Bahan Ajar tersebut. Bahan Ajar geometri Van Hiele dikembangkan melalui Model penelitian pengembangan Plomp terdiri dari 3 langkah, yaitu (1) Preliminary Research, (2) Prototyping Phase, dan (3) Assessment Phase. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan oleh respon siswa yang positif dan hasil belajar siswa yang mencapai diatas nilai KKM. Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika menggunakan Bahan Ajar geometri Van Hiele di Kelas VII SMP tergolong dalam kategori sangat positif dengan nilai rata-rata skor angket 70,44. Analisis hasil belajar siswa setelah menggnakan Bahan Ajar geometri Van Hiele dalam kegiatan pembelajaran matematika memperoleh nilai rata-rata siswa adalah 72,25 dengan persentase ketuntasan lebih dari 80%, yaitu 83,34%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan nilai di atas KKM, yaitu 60##

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Abidin, Z.Z., Abu, M. S. 2011. Alleviating Geometry Levels of Thinking among Indonesia Students using Van Hiele Based Interaktive Visual Tools. (online), (http://www.staff.blog.utm.mv/jpms/2011/09/05/alleviating-geometry-levels-of-thinking-among-indonesian-students-using-van-hielle-based-interactive-visual-tools).
Darmodjo, Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Dirjen Dikti.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Ibrahim dan suparni, 2008. Strategi pembelajaran matematika. Yogyakarta: uin sunan kalijaga.
Kaymakci, Salahattin. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. Gazi University Graduate School. Vol.1 No. 57.
Kesumawati,2008 pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Semnas matematika dan pendidikan matematika.
NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. USA: NCTM.
Nu’man, Mullin. 2006. Pembelajaran Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele untuk Membantu Pemahaman Konsep Bangun Segiempat pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Malang 1. Malang: Pps Um. Tersedia.
Plomp, Tjeerd dan Nieveen Nienke. 2010. An Introduction to Educational Desaign Research. Netherlands: SLO.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. 2010. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suherman, Erman. (2010). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. (online).
Sunismi. 2001. Diagnosis Kesulitan Siswa SLTP dalam Memahami Konsep Bangun Segiempat dan Remedinya. Malang: Pps Um. Tersedia.
Tatsuoka, Kikumi K. 2004. Patterns of Diagnosed Mathematical Content and Process Skills in TIMSS-R Across a Sample of 20 Countries. American Educational Research Journal. Vol. 41 No. 4.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Walle,2001. Geometric thinking and geometric concepts in elementary and middle school mathematics:teaching developmenttally, 4th ed. Boston. Vol. 11 No. 2.
Published
2018-07-09