ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BARISAN DAN DERET BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS

  • Hanief Maulana Universitas Islam Darul ‘Ulum
  • Abdur Rohim Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan
Keywords: mathematical ability, metacognition, problem solving

Abstract

The purpose of this study was to describe the metacognition of XI grade students of SMA Hasyim Asy'ari 1 Pucuk in problem solving of sequences and series of numbers in high, medium and low ability students. This research is a descriptive qualitative research conducted online using whatsapp social media. The research instrument is the researcher himself supported by written tests and interviews. The subjects of this study were six students consisting of one student with high ability, two students with moderate ability and two students with low ability. The results of this study indicate that students with high abilities have good declarative knowledge, procedural knowledge and conditional knowledge. Students with high abilities are also able to use good planning skills, monitoring skills and evaluation skills. Students with moderate ability have declarative knowledge, good procedural knowledge and good conditional knowledge. Students with moderate abilities are also able to use planning skills, monitoring skills well and do not have evaluation skills. Students with low abilities only have declarative knowledge. Students with low abilities also only use planning skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyah, Nur dan Tatag Yuli Eko Siswono. Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3(2), pp.131–138.

Arifin, Zaenal. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika, Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi. Surabaya. Lentera Cendikia.

Arnenda, Tezar. (2020). Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. Surakarta. Putra Nugraha.

Asmana, Arezqi Tunggal. Profil Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di SMP Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. INSPIRAMATIKA. Vol. 4(1), pp.1-12.

Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Elita, Geni Sri, dkk. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8(3), pp.447-458.

Fitria, Lia, dkk. Analisis Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Siswa SMA Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 6(1). pp.147- 155.

Hidayati, Destia Wahyu. Diagnosa Kesulitan Metacognitive Awarenes Terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1(2). pp.206–217.

Khoiriyah, Siti. (2011). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin. Skripsi. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Mawadda, NE, dkk. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 4(1). pp.10–17.

Novita, Tanti, dkk. Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Rejang Rebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3(1). pp.41–54.

Nugraha, Azi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Humanistik Untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(1). pp.1-17.

Rahmawati, Seila Cahyani, dkk. Indentifikasi Pengetahuan Metakognisi Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Kota Jambi Berdasarkan Gaya Belajar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1(1). pp.88-99.
Sutini. Kemampuan Metakogntif Dan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol. 4 (1), pp.32–47.

Syafri, Fatrima Santri. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath. Vol. 1(3). pp.49-55.

Waskitoningsih, Rahayu Sri. Pembelajaran Matematika Dengan Kemampuan Metakognisi Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Math Dicdactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(3). pp.211–219.

Widadah, Soffil, dkk. Profil Metakognisi Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1(1). pp.13-24.

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22-32.
Rohim, A., Cahyono, M. A., & Syaifudin, M. (2020). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI UPAYA INISIALISASI BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI DESA BALONGDOWO. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 1(2), 5-8.
Published
2021-12-31