EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RME MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PELUANG

  • Ahmad Fatikhul Udin Universitas Islam Darul ‘Ulum
  • Zaenal Arifin Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Arezqi Tunggal Asmana Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the application of cooperative learning models with realistic mathematics education approaches using mathematical monopoly media to improve the ability to think creatively in learning opportunities in class VIII MTs Darul Ulum Pasinan. The study population was all students of class VIII-C MTs Darul Ulum Pasinan. Data was collected by using a learning completeness test, observation sheet of student activity, observation sheet of teacher activity, and student response questionnaire. The results of descriptive statistical analysis show: (1) the percentage of classical mastery learning is 88.89%, (2) the percentage of student activity is 89.1%, (3) the percentage of teacher activity is 90.5% and (4) the percentage of student response is 93.25%. From the results of this study it can be concluded that the application of the cooperative learning model with realistic mathematics education approach using mathematical media monopoly is effectively used to improve the ability to think creatively in learning opportunities in class VIII MTs Darul Ulum Pasinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2012). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendekia.
Arifin, Zaenal. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofis, Teori & Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendekia.
Darwis, Muhammad. (2017). “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education”. Jurnal Issues in Mathematics Education Volume 1 – Nomor 2, September 2017, (68-75). [online]. Tersedia: http://www.ojs.unm.ac.id/imed. (diakses pada 5 Maret 2020).
Deski, D. (2007). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Possing Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 18 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. Skripsi (tidak dipublikasikan).
Deviana, Desya Rossa., dan Erlina Prihatnani. (2018). “Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP”. Jurnal Review Pembelajaran Matematika Volume 3 – Nomor 2, Desember 2018, (86-172). [online]. Tersedia: http://jrpm.uinsby.ac.id/index. (diakses pada 21 Maret 2020).
Fajriah, Noor., dan Eef Asiskawati. (2015). “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan PMRI”. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 – Nomor 2, Oktober 2015, (157-165). [online]. Tersedia: http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index. (diakses pada 5 Maret 2020).
Handoyo, T. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi (dipublikasikan).

Hanipah, Neng., dkk, (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro Volume 7 – Nomor 1, Februari 2018, (80-86). [online]. Tersedia: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index. (diakses pada 17 Maret 2020).
Irmansyah, Achmad. (2011). “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD”. Jurnal Pendidikan Volume 12 – Nomor 1, Maret 2011, (33-40). [online]. Tersedia: http://jurnal.ut.ac.id/index. (diakses pada 21 Maret 2020).
Lestari, K.A. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Khoiriyah, R., Shodikin, A., & Haryono, H. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan Menggunakan Media CBC (Cube Beam Color). Inspiramatika, 5(1), 22-33.
Listiyani, Evi. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Pocket Book. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. Skripsi (dipublikasikan).
Novianti, A., & Shodikin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi dengan Pendekatan Kontekstual dan Kearifan Lokal. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12-18.
Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Komik (Learning Effectiveness of Student Teams Achievement. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (1), 22–32.
Nurjayanti, Iin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan LKS Terstruktur Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Nurul Islam Pongangan. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik. Skripsi (tidak dipublikasikan).
Rahayu, T. R., Huda, M., & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Peraga Rubbik terhadap Self Efficacy Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Inspiramatika, 3(2), 117-123.
Risnasosanti. (2009). “Penggunaan Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Di Kota Bengkulu”. Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika, Desember 2009, (442-443). [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/eprint. (diakses pada 2 April 2020).
Rosanti, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Mathpoly Materi Bilangan Bulat Di SD. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi (tidak dipublikasikan).
Saputro, Adi Kurniawan, & Syariffudin, M. (2014). Rancang Bangun Perangkat Pembelajaran Rangkaian Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Elektronika Analog untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 3 – Nomor 2, Februari 2014, (405-410). [online]. Tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. (diakses pada 30 Maret 2020).
Setiawan, Hikmal., dkk. (2018). “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMK Cimahi Kelas XI RPL Tahun Ajaran 2018/2019 pada Materi SPLDV”. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 2 – Nomor 6, Oktober 2018, (1746-1672). [online]. Tersedia: http://jptam.org/index. (diakses pada 21 Maret 2020).
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.
Soraya, Farida., dkk. (2018). “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Rawajati 06 Pagi”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 4 – Nomor 2, Maret 2018, (87-94). [online]. Tersedia: http://journal.uad.ac.id/index. (diakses pada 21 Maret 2020).
Faridah, L., & Nasikhah, A. (2019, January). Improve Critical Thinking Ability and Mathematical Representation of Junior High School Students Throught Soft-skill Based Metacognitive Approaches. In International Conference on Science, Technology, Education, Arts, Culture and Humanity-" Interdisciplinary Challenges for Humanity Education in Digital Era"(STEACH 2018) (pp. 73-76). Atlantis Press.
Published
2021-06-29