HUBUNGAN PHOBIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE

  • Anton Saputra Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara phobia dengan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle pada materi trigonometri, serta besar korelasi phobia dengan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas X sekolah menengah atas materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Perbankan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi angket dan soal tes matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara phobia dengan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle pada materi trigonometri yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Besar korelasi phobia dengan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle pada materi trigonometri adalah 0,913 yang artinya hubungan phobia dan hasil belajar matematika siswa dalam kategori koefisien korelasi yang tinggi dan positif. Artinya semakin tinggi skor phobia, maka semakin tinggi skor hasil belajar matematika siswa. Hal ini dimungkinkan siswa semakin terpacu untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Rahmah Sami. 2016. “Pengaruh Math Phobia, Self Efficacy, Adversity Quetient, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP”, Jurnal Riset Pendidikan Matematika. November 2016, Volume 3 – Number 2, hal. 259-272

Arifin, Zainal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dhari, Windri Widiesta. 2010. “Meminimalisasi Fobia Matematika pada Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” dengan Mengoptimalkan Alat Peraga”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Farza, Rahmi Hadri. 2014. Pembelajaran Learning Cycle 7E. https://rahmihadrifarza.wordpress.com/2014/01/07/pembelajaran-learning-cycle-7e/ diakses pada tanggal 22 Juni 2019

Khairunnisa. 2016. “Hubungan Phobia dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Peureulak Barat”.

Kurniawati, Lailia. 2017. “Alternatif Solusi Dalam Mengatasi Fobia pada Pembelajaran Matematika Melalui Bimbingan Khusus di SMPN 1 Papar tahun 2016-2017”. Skripsi. Surakarta: Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purwantho. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safwan. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siwa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya untuk Siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 4 ISSN 2354-614X.
Sawiartha, Gede Ngurah Oka Bayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Tipe Within Solution Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Phobia Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana. Denpasar: Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali Denpasar.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Published
2019-12-20