ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

  • Yuni Hajar IKIP Siliwangi
  • Veny Triyana Andika Sari IKIP Siliwangi

Abstract

The purpose of this study was to analyze the difficulties faced by Vocational High School students in working on problem solving test that were reviewed based on students' mathematical disposition. The research method used is descriptive analysis method to analyze available and processed data to obtain a clear picture of the facts and the relationship between the phenomena studied. The sample in this study was Vocational High School student class XI Accounting in Cimahi. The result of this study base on. students' mathematical disposition is students have difficulties in almost every indicator of problem solving ability. This is caused by several factors such as students who are not used to facing problem solving test. Efforts can be made to overcome student difficulties, such as using innovative learning approaches and media.

References

Akyuninah, U. D. (2017). Pengaruh Strategi Heuristic Vee terhadap Kemampuan Disposisi Matematis Pada Materi Segiempat Kelas VII Mts. Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2016/2017. Inspiramatika. Vol. 3(1), pp.16-23.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13(2), pp.1-10.
Hendriana, H. Rohaeti, E. E. Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Karlimah. (2015). Pembelajaran bermakna untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 59-63). Semarang: UMS.
Mahmudi, A., & Negeri, J. P. M. F. U. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Marlina, L., & Danica, C. (2009). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Assets Terhadap Divident Payout Ratio. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2(1), pp. 1-6.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA. Vol. 10(2), pp. 136-139.
Sabandar, J. (2013). Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia Di Website: Http://File. Upi.Edu/Direktori/Fpmipa/Jur._Pend. _Matematika/194705241981031-Jozua_Sabandar/Kumpulan_Makalah_Dan_Jurnal/Berpikir_Reflektif2.Pdf.(Diakses Tanggal 08 Oktober 2017).
Setiawan, W., & Sari, V. T. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen. Vol. 4(2), pp. 204-215.
Shodikin, A. (2015). Strategi Abduktif-Deduktif pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Disposisi Siswa. Jurnal Madrasah. Vol. 7(2), pp. 181-202.
Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, Vol. 2(2), pp. 79-85.
Sudirman, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pendekatan Saintifik dengan Strategi Quantum Learning. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. Yogyakarta: 5 Desember.
Published
2018-12-31