KONTRIBUSI KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH PEMBUKTIAN DAN KECEMASAN MATEMATIKA

  • Rizqona Maharani IAIN KUDUS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan dan nilai kontribusi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara random menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari tiga puluh lima mahasiswa di kelas A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kecerdasan matematika dan tes penyelesaian masalah pembuktian pada mata kuliah logika matematika.  Pengumpulan data kecerdasan spiritual dan kecemasan matematika menggunakan instrumen angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  yang melibatkan metode korelasi dan regresi berganda untuk analisis data. Analisis data juga menggunakan korelasi kanonik untuk menemukan nilai kontribusi dan hubungan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap nilai penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Hasil penelitian dapat diringkas sebagai berikut. (1) terdapat hubungan positif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian. Nilai kontribusinya adalah 95,2%, (2) terhadap hubungan negatif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap kecemasan matematika. Nilai kontribusinya adalah 95,4%, (3) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Nilai korelasi kanonik sebesar 0,982 pada fungsi pertama. Selain itu, nilai square correlation sebesar 0,963 yang berarti bahwa kovariat variabel kanonik mampu  menunjukkan variasi sebesar 96,43% pada variabel kanonik terikat.

References

Anggraheni, Vina Tri. (2013). “Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri I Karangnyar Tahun Pelajaran 2012/2013”, Skripsi, UNS.

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multiple di Dalam Kelas (Edisi Ketiga). Jakarta: PT Indeks.

Hoerr, T. R. (2000). Becoming a multiple intelligences school. Alexandria: The Associaton for Supervision and Curriculum Development.

Iswahyudi, G. (2012). Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung Ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Program Pendidikan Matematika UNS. Surakarta, 21 November 2012.


Maharani, Rizqona. (2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Steps Interview (TSI) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015”, Tesis, UNS.

Mahmot, R.M., Havranek, L.T. & Mahmot, A.A. (2014). Theaching Mathematics Through Verbal-Linguistic Intelligence. Asian Journal of Education And e-Learning. Vol. 2. No. 1. 56-60.

Ulfah, Widayati K. (2010). “Hubungan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun 2009/2010”, Skripsi, UNS

Silver, E. and Marshall, S. (1990).“Mathematical and Scientific Problem Solving: Findings, Issues, and Instructional Applications.” In B. Jones and L. Idol (eds.) Dimensions of Thinking and Cognitive Instruction. Hillsdale (NJ): LEA.

Wolman R. 2001. Thinking with your Soul: Spiritual Intelligence and Why it Matters. New York: Harmony.

Yenilmez, K., Girginer, N., & Uzun, O. (2007). Mathematics Anxiety and Attitude Level of Students of The Faculty of Economics and Business Administration: The Turkey Model. International Mathematics Forum, 2, 1997-2021

Zohar and Marshall. (2000). SQ: Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury
Published
2018-12-30